Roberth Simanjutak,SH Pengurus DPC LIN Kab. Batu Bara Sahuti Maraknya Banjir Termasuk UPT SDN.27

11 Desember 2022

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -Cuaca extrem hujan menyelimuti Kabupaten Batu Bara bahkan seluruh wilayah sesumatera utara, membuat seluruh aktivitas masyarakat merasa tidak nyaman dan terkendala.

Didesa Suka ramai, Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara salah satunya halaman UPT SDN.27 terendam banjir sudah berjalan satu bulan lamanya sehingga kegiatan belajar mengajar sangat terganggu, UPT SDN. 27 desa Suka Ramai dipimpin Kepala Sekolah Zainab,S.Pd.

Melalui seorang guru kepada wartawan mengatakan: Banjir merendam halaman Sekolah UPT SDN. 27 sudah satu bulan lamanya dan berharap kepada Bupati Batu Ir. H Zahir. M.AP dinas Pendidikan agar dapat mecari solusi pengatasan banjir di sekolah Kami, dan kami selama satu bulan ini sangat terganggu menjalankan aktivitas belajar mengajar, sebutnya.

Ditempat terpisah Roberth Simanjuntak. SH yang juga kepengurusan DPC Lembaga Investigasi Negara (LIN)  Kabupaten Batu Bara didampingi Aditya P. Gultom Ketua LIN, menyahuti maraknya banjir dikabupaten Batu Bara termasuk banjir yang menggenangi halaman UPT SDN. 27 Desa Suka ramai, Minggu (11/12/2022).

Menurut Roberth : Bupati Batu Bara melalui OPD terkait seperti Bappeda, PUTR dan Perkim, seyogianya sudah melakukan perencanaan titik pembuangan saluran air disetiap desa melalui satelit.

Selama ini banyak desa di setiap kecamatan yang terendam air jika pasang surut air laut dan turunnya curah hujan karena belum tertata dan terukur lokasi saluran pembuangannya.

Dalam setiap kegiatan pembangunan drainase tidak pernah ada dilakukan survey dan analisa berapa besaran debit air yang dapat ditampung ataupun dilalui.

Pembangunan fisik rumah ataupun lainnya yang tidak teratur dan tertata rapi juga dapat menjadi kendala pembuangan saluran air.

Genangan air maupun terjadinya luapan bisa terjadi dikarenakan kurangnya disiplin masyarakat yang kerap membuang sampah dan tidak adanya kegiatan gotong royong disetiap desa untuk melakukan pembersihan sedimen pada saluran yang ada. Pungkas Roberth.(torong/marbun)