Wakil Mentri Pertaninan Kunjungi Kabupaten Dairi Dalam Tanam Perdana Sorgum Di Demplot

9 Desember 2022

 




Dairi | Indonesia Berkibar News -  Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi bersama Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu melakukan tanam perdana sorgum di Demonstration Plot (demplot) seluas 2 hektar di Desa Lau Mil, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, Jumat (09/12/2022).

Wamentan Harvick mengatakan penanam perdana sorgum ini merupakan salah satu program diversifikasi pangan berbasis pangan lokal yang tengah digalakkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian.

" Sorgum ini tidak jauh beda dengan jagung, lebih mudah juga, kemudian produk turunannya juga, seperti tepung sorgum, beras sorgum, bisa jadi bio ethanol, lain-lain. Jadi ini yang kita coba lakukan, kebetulan Pak Bupati juga menyetujui itu,” katanya.

Sebelumnya, Bupati mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan lahan di Lau Mil ini menjadi kawasan pertanian terpadu.

Menurutnya, dengan keadaan geografis yang subur, kecamatan ini cocok juga untuk ditanami coklat dan kopi robusta. Sehingga hal ini diharapkan dapat memperkuat perekonomian masyarakat petani kita.

" Jadi kawasan ini sudah kami persiapkan untuk menjadi kawasan pertanian terpadu. Kami siapkan lahan demplot sorgum. Kami ingin belajar dari pak Wamen bahwa sorgum ini banyak manfaatnya," ucapnya.

Dalam kegiatan yang sama Wamentan dan Bupati memanen jagung bersama. Wamentan juga memberikan sejumlah bantuan kepada Pemkab Dairi.

Dalm kegiatan itu turut hadir beberapa pejabat dari Kementerian Pertanian Pusat, Kadistan Provsu, Kadis Perkebunan Provsu, anggota DPRD Dairi Charles Tamba, Dandim 0206 Dairi, Wakapolres Dairi, asisten perekonomian dan pembangunan JW Purba, Kadistan Robot Simanullang, Kadis Perindagkop Iwan Taruna Berutu Berutu, Kepala OPD lain, beberapa Camat, Bank BRI, Koperasi AUR Dairi Botanika, kepala desa, dan para masyarakat petani. (Mrs)