Bupati Zahir Hadiri Peringatan Hari Amal Bhakti Ke-77 Kementerian Agama

3 Januari 2023

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -Pemkab Batu Bara bersama Kemenag Batu Bara laksanakan Peringatan Hari Amal Bhakti Ke-77 Kementerian Agama yang digelar serentak Se-Indonesia. Peringatan berlangsung khidmat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Bara, Selasa (03/01/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ir H Zahir MAP Bupati Batu Bara bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) membacakan pidato Menteri Agama dalam peringatan Hari Amal Bhakti Ke-77 Tahun yang diselenggarakan Kemenag Batu Bara. 

Bupati Batu Bara mengajak untuk mengenal, memahami meresapi nilai-nilai pelaksaan amal bhakti peringatan ini, agar bisa meningkatkan pelayanan kepada ummat, ujarnya. 

“Peringatan Hari Amal Bhakti Saya mengajak seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pelayanan kepada ummat, sebagai penanda sejarah panjang dalam melayani umat beragama khususnya di Kabupaten Batu Bara,” ucap Zahir. 

Sementara itu, Kemenag juga memiliki prestasi di level nasional maupun internasional, yang patut diapresiasi, sebelumnya ada 22 penghargaan di tahun 2022 lalu, dan tahun ini harus lebih baik dari sebelumnya, ujarnya. 

Selain itu Zahir menyebutkan bahwa Kemenag mempunyai taqline kerukunan umat untuk Indonesia hebat, merupakan kerukunan sangat inovatif dan dinamis apalagi menjelang pemilu 2024.

Menurut Zahir kerukunan merupakan persyaratan pembangunan nasional, stabilitas dapat terwujud bila ada kerukunan, potensi polititasi agama untuk meraih elektabilitas, penggunaan politik identitas menjelang pemilu harus diantisipasi agar kerukunan tidak tercoreng, tegasnya. 

“Kemenag dan tokoh masyarakat dan tokoh agama harus bersinergi menciptakan suasana damai, semangat merawat kerukunan ummat harus digelorakan,” lanjutnya. 

Sementara itu Zahir berharap di tahun politik, tidak ada ASN yang menjadi partisan atau provokasi ditengah keragaman pilihan, ASN harus menjadi simbol persaudaraan mengantarkan Indonesia hebat, ujarnya. 

“Mari jadikan momentum solidaritas organisasi satu barisan rakyat, kokoh dan terorganisir untuk memberikan pelayanan masyarakat khususnya Kabupaten Batu Bara,” jelasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Zahir turut menyampaikan bahwa sebelumnya bentuk apresiasi tahun ini Kemenag mengajukan kepada presiden untuk memberikan penghargaan sebanyak 10.073 Pegawai Kemenag Agama dan telah disetujui Setya Lencana sebanyak 936 orang, ujarnya. 

“Selamat kepada para penerima penghargaan, semakin meningkatkan kinerja ASN Kemenag sebagai bagian dari Korps. Pelayanan lebih baik lagi,” tegasnya.

Turut hadir Kakan Kemenag Batu Bara, Ketua MUI Batu Bara, Ketua PC NU Batu Bara, Ketua Al Washliyah, Kepala KUA Se-Kabupaten Batu Bara, Kepala Sekolah MAN dan MTsS, Guru dan tenaga kependidikan dengan berpakaian adat masing-masing.(j marbun/torong)