Gerakan Sumut Mengajar Kembali Hadir di Pakpak Bharat

13 Januari 2023

 


Pakpak Bharat | Indonesia Berkibar News -Enam puluh relawan yang tergabung dalam "Gerakan Sumut Mengajar" telah tiba di Kabupaten Pakpak Bharat (13/01/2023). Kedatangan rombongan dari berbagai Perguruan Tinggi se Sumatera ini disambut Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny. Juniatry Franc Tumanggor, Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM, serta sejumlah pejabat lainnya.

Enampuluh orang relawan ini tergabung dalam Batch 13 Chapter Pakpak 

Bharat dan akan disebar diberbagai Desa di berbagai wilayah Pakpak Bharat.

 Gerakan Sumut Mengajar adalah gerakan dan usaha untuk mengajak semua pihak untuk ambil bagian menyelesaikan masalah pendidikan di Sumatera Utara. Cita-citanya luhur dari gerakan yang digagas oleh gerakan ini adalah terlibatnya seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai amanah dan tugas konstitusi setiap warga Negara. Warga Negara yang dipenuhi para pemimpin dari berbagai bidang dengan kompetensi global dan pemahaman akar rumput.

Project Leader Batch 13, Rizki Alfridho Damanik, SH menjelaskan, Pengabdian dari gerakan Sumut mengajar dilaksanakan serentak diempat Kabupaten. 

Sebagai ikhtiar kami dari gerakan Sumut mengajar, guna mengembangkan minat dan penyaluran pengetahuan dari para relawan.

Relawan-relawan dari berbagai Universitas di sumatera, dari mitra kampus dengan disiplin keilmuan masing-masing untuk diterapkan didesa pengabdian, jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu yang hadir mewakili Bupati mengungkapkan, kehadiran relawan Gerakan Sumut Mengajar ini sangat membantu Pemerintah dan masyarakat Pakpak Bharat, yang masih membutuhkan banyak edukasi dan pertukaran ilmu terutama di desa-desa yang menjadi lokus pengabdian.

Terimakasih kepada bapak Gubernur atas dipilihnya Kabupaten Pakpak Bharat sebagai lokus Gerakan Sumut Mengajar ini, kehadiran adik-adik sekalian tentu akan sangat membantu kami, memberikan banyak edukasi bagi anak-anak didesa yg menjadi lokus, pengabdian, ucap Sekda.

Selamat datang di Kabupaten Pakpak Bharat, inilah Kabupaten Pakpak Bharat, inilah kami dengan banyak kekurangan, ungkap dia kemudian.

Perlu kami sampaikan bahwa salah satu Misi Bupati adalah peningkatan mutu dan kualitas SDM, dengan berfokus pada pilar pendidikan, jadi kami sangat bangga dan senang, dimana Misi kedua tadi akan bisa terlaksana dengan lebih optimal, ucap dia menutup sambutannya.

Enam puluh orang relawan Gerakan Sumut Mengajar ini akan melaksanakan tugas pengabdian mereka di wilayah Pakpak Bharat diantaranya di Kecamatan Salak, Pagindar dan beberapa tempat lainnya. Mereka akan berada di wilayah ini hingga 27 januari mendatang dengan perkiraan 14 hari pengabdian.(warden)