JALAN SANTAI DAN PANGGUNG GEMBIRA WARNAI PUNCAK PERINGATAN DAN PERAYAAN HUT KE_47 PT.INALUM (PERSERO)

7 Januari 2023

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News - Puncak Peringatan dan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM pada 6-7 Januari 2023 diwarnai oleh berbagai kegiatan, diantaranya jalan santai dan panggung gembira.

Pada 6 Januari 2023, Puncak Peringatan dan Perayaan HUT ke-47 PT. Inalum (Persero) dilangsungkan di halaman ballroom Smelter kantor pusat Kuala Tanjung dihadiri ratusan karyawan dan  masyarakat sekitar perusahaan. 

Kegiatan di Ballroom Smelter Kuala Tanjung ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur Utama MIND ID dan INALUM Hendi Prio Santoso yang turut disaksikan oleh sejumlah pejabat tinggi INALUM lainnya. Dalam sambutannya, Direktur Utama PT. Inalum (Persero) Hendi Prio Santoso mengatakan masa depan industri INALUM sangat cerah dan menjanjikan. Untuk itu harapnya, INALUM harus terus mengambil posisi sebagai garda terdepan menyuplai dan memenuhi kebutuhan aluminium di Indonesia.

Pada sambutannya itu lebih jauh Hendi mengemukakan bahwa saat ini program elektrifikasi notabenenya bergantung dengan aluminium. Hampir semua industri sambung Hendi menggunakan aluminium dengan demikian tuntutan kebutuhan industri terhadap aluminium semakin besar sehingga hal ini menjadi peluang bagi PT. Inalum (Persero).yang tidak boleh disiasiakan. "Mari segenap jajaran Direksi PT. Inalum (Persero) menyatukan tekad, langkah dan persepsi untuk mengisi kerja kita dengan torehan prestasi agar PT. Inalum (Persero) dapat memenuhi harapan masyarakat dan Pemerintah Indonesia sebagai perusahaan aluminium yang siap bersaing dan siap memenuhi kebutuhan aluminium dalam negeri apalagi di sisi yang lain pesaing INALUM sudah siap mengambil posisi penyuplai aluminium di Indonesia sehingga sangat diharapkan leadership INALUM jangan sampai hilang", sebut Dirut INALUM tersebut.

Masih menurut Hendi, upaya PT. Inalum (Persero) dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi salah satunya hadir lewat anak perusahaan yang bernama PT. Indonesia Aluminium Alloy (IAA) yang pada saat puncak Peringatan dan Perayaan HUT ke-47 PT. Inalum (Persero) memberikan kado berupa soft commissioning yang memastikan mesin mesin siap beroperasi untuk mendaur ulang aluminium.

Sementara itu Direktur Utama PT. IAA Ricky Gunawan dalam sambutannya menyatakan bahwa pada Hari ini 6 Januari 2023 merupakan tonggak sejarah awal PT. IAA bertepatan dengan HUT ke-47 INALUM melakukan selebrasi soft commissioning peleburan aluminium daur ulang. "Hampir semua mesin sudah siap dioperasikan tinggal menunggu tes safety operation, terang Dirut PT. IAA Ricky Gunawan sembari ia mengungkapkan dengan beroperasinya PT. IAA dirinya menargetkan peningkatan kapasitas 21 ribu ton pertahunnya.

Rangkaian HUT ke-47 PT. Inalum (Persero) dilanjutkan pada Sabtu 7 Januari 2023. Pada Sabtu pagi itu digelar kegiatan jalan santai yang diikuti ribuan warga masyarakat. Panitia penyelenggara menyiapkan hadiah dengan total sebesar RP. 100 juta bagi pemenang lucky draw. Kegiatan jalan santai ini diadakan di Komplek Perumahan Karyawan INALUM di Tanjung Gading Town Kelurahan Perkebunan Siparepare  Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Berdasarkan informasi yang disampaikan Panitia kepada awak media, hadiah utama lucky draw jalan santai adalah sepeda motor. Selain itu panitia penyelenggara juga menerangkan bahwa setiap peserta jalan santai diberikan kupon sarapan gratis sehingga mereka dapat memilih menu sarapan sesuai seleranya ditenda tenda yang telah disiapkan.

Heri salah seorang peserta jalan santai mengaku gembira sekali dapat mengikuti kegiatan jalan santai ini setelah menunggu 3 tahun lamanya tidak ada lagi kegiatan jalan santai sebagai akibat Wabah Covid 19 yang melanda Indonesia.

Setelah menggelar kegiatan jalan santai pada Sabtu pagi, di sore harinya, Rangkaian Puncak Peringatan dan Perayaan HUT ke-47 INALUM berlanjut dengan kegiatan sosial di Panti Asuhan Darut Taufik yang berada di Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara. Di Panti Asuhan itu, PT. Inalum (Persero) menyerahkan bantuan berupa uang, sembako, peralatan sekolah, dan berbagai bentuk bantuan lainnya kepada puluhan santri yang menimba ilmu di Panti Asuhan tersebut.

Saat menyampaikan sambutan pada acara penyerahan bantuan sosial di Panti Asuhan Darut Taufik, Direktur Operasi & Portofolio INALUM Danny Praditya memaparkan bahwa INALUM selalu berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Oleh karena itu ujar Danny pihaknya merasa senang dapat membantu meringankan beban di Panti Asuhan ini. "Hari ini Kami hadir memberikan santunan dalam rangka merayakan HUT ke-47 PT. Inalum (Persero). Sudah menjadi kewajiban bagi Kami memberikan manfaat bukan hanya ekonomi ke masyarakat tetapi juga tanggungjawab di bidang sosial", ucap Danny yang turut didampingi SEVP Operasi dan Produksi PT. Inalum (Persero) Rainaldy Harahap, SEVP Pengembangan Bisnis Oktavianus Tarigan, SEVP SDM dan Pendukung Bisnis Benny Alexander Wiwoho, SEVP Keuangan Operasional dan Manajemen Risiko Kuspriyono, Deputi Sekretaris Perusahaan Mahyaruddin AR, dan Vice President Humas Pabrik Peleburan Bambang Heru Prayoga.

Pada Sabtu malam (07/01/2023) Puncak Peringatan dan Perayaan HUT ke-47 PT. Inalum (Persero) dilanjutkan dengan kegiatan panggung gembira atau panggung hiburan yang menampilkan grup band papan atas ibukota yaitu grup band REPUBLIK.

Hasil liputan Wartawan  dilapangan melaporkan lebih kurang 7000 orang menghadiri acara panggung gembira tersebut yang menampilkan sejumlah artis ibukota. Para jajaran Direksi INALUM pun larut ikut berjoget ketika Angga Candra membawakan lagu Armada "Pergi Pagi Pulang Pagi". Acara panggung gembira ditutup dengan penampilan REPUBLIK yang menampilkan lagu lagu andalan mereka diantaranya: "Telah Ku Berikan", "Hanya Ingin Kau Tahu", "Sandiwara Cinta", dan "Selimut Tetangga".

Manager Humas INALUM Chandra Gunawan Dalimunthe kepada awak media menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah turut berpartisipasi menyukseskan Puncak Peringatan dan Perayaan HUT ke-47 PT. Inalum (Persro) dengan kehadiran mereka secara berbondong bondong yang jumlahnya mencapai ribuan orang, baik pada saat kegiatan jalan santai maupun saat acara panggung gembira. Atas fakta tersebut, Chandra mengucalkan terjma kasih kepada semua pihak baik itu panitia, jajaran Direksi INALUM, jajaran Pihak Kepolisian, jajaran Pihak TNI, jajaran Pemerintah Kabupaten Batu Bara, para Wartawan dan masyarakat.(ips)