KPw BI Sumut Doddy Zulverdi : Bank Indonesia Sumut Optimis Kegiatan Balap F1 Powerboat Dapat Kuatkan Ekonomi

25 Januari 2023


Medan | Indonesia Berkibar News -
Bank Indonesia Perwakilan Sumut mengaku optimis gelaran ajang F1 Powerboat (F2H2O) akan sangat berdampak bagi penguatan ekonomi terutama disekitaran kawasan Danau Toba.

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara (KPw BI Sumut) Doddy Zulverdi pada saat Bincang Bareng Media (BBM) di Junction Cafe, Jalan Uskup Agung No. 2, Medan, Rabu (25/01/2023) 

“Banyaknya event karena adanya keterlibatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sekitar Wilayah Danau Toba pada event F1H2O ini, baik sebelum atau setelah. Harapannya berdampak ke penguatan ekonomi khususnya pelaku UMKM sekitar Danau Toba,” papar Doddy Zulverdi.

Selanjutnya selama penyelenggaraan event internasional ini, BI turut berperan, dengan memfasilitasi kesiapan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa pameran produk milik mereka.

“Peran BI nanti bagaimana memfasilitasi kesiapan pelaku UMKM. Tentunya, kita harapkan bisa menggunakan transaski selama penyelenggaraan itu dengan QRIS,”harap  Doddy Zulverdi.

BI juga memfasilitasi ATM pada beberapa lokasi strategis kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat tahun 2023 ini.

“Total ada 172 ATM, di Balige (lokasi acara), itu ada 41 ATM, ditambah lagi ada mobile ATM. Ini cara kita untuk memastikan persediaan uang tunai berjalan lancar, ” tegas Doddy Zulverdi .

Sedangkan lokasi penukaran mata uang asing dipastikan ada di 3 (tiga) lokasi kegiatan F1 Powerboat tersebut, karena sebagian besar peserta merupakan perwakilan negara-negara.

“Semoga dengan adanya event ini memancing ketertarikan pelaku industri pariwisata baik domestik maupun manca negara, karena tahun ini diperkirakan setidaknya ada kunjungan sekitar 20 ribu orang sebagian besar domestik, dimana turis mancanegara sebagian besar tim atau tim member,” harap Doddy Zulverdi.(torong)