Organisasi Gaja Mada Kabupaten Dairi Berikan Apresiasi dan Penghargaan Ke Disdukcapil Dairi

26 Januari 2023


Sidikalang | Indonesia Berkibar News - Organisasi Gaja Mada (Gerakan Jaringan Masyarakat Dairi) mengapresiasi kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, atas pelayanan publik yang dilakukan kepada masyarakat.

Selain itu juga memberikan penghargaan berupa plakat yang diterima langsung Kadis Dukcapil, Deddy Situmorang, SE, M.Si di Kantor Disdukcapil Jalan Pandu, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Kamis (26/01/2023).

Ketua Dewan Pendiri Organisasi Gaja Mada Dairi Supri Darsono Silalahi yang juga Ketua Ferari (Federasi Advokat Republik Indonesia) mengatakan, satu setengah tahun yang lalu pihaknya melakukan kuesioner kepada masyarakat untuk menilai kinerja dan pelayanan publik yang dilakukan dinas-dinas yang ada di Pemkab Dairi.

"Dari penilaian itu, 80 persen masyarakat puas dengan pelayanan yang dilakukan Dinas Dukcapil Dairi," katanya. 

Disebutkannya, sesuai visi dan misi Gaja Mada, pihaknya akan tetap melakukan kritikan-kritikan terhadap dinas-dinas Pemkab Dairi yang lamban kinerjanya dalam melayani masyarakat.

"Juga mengapresiasi dinas-dinas yang telah menunjukan kinerja yang baik, agar kedepan Dairi bisa semangkin maju," sebut Supri Darsono.

Atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan, Kadis Dukcapil mengucapkan terimakasih kepada Gaja Mada yang telah melakukan survei. 

"Dimana dalam survei tersebut 80 persen masyarakat sangat puas terhadap pelayanan yang kami lakukan," ujar Deddy.

Pun demikian, menurut Deddy pihaknya masih banyak kekurangan-kekurangan disana sini dan perlu pembenahan. Untuk itu dirinya berharap masukan-masukan dari masyarakat bagaimana agar pelayanan lebih baik lagi.

"Kami berharap masukan-masukan dari masyarakat, bagaimana agar pelayanan yang kami lakukan lebih baik lagi kedepan," ucapnya 

Disebutkannya, apa yang mereka lakukan untuk mewujudkan visi dan misi Bupati Dairi, yakni Dairi Unggul untuk mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

"Inilah yang ingin kami tunjukan kepada masyarakat. Semoga kedepan pelayanan yang kami berikan lebih baik lagi," ungkap Deddy.

Sementara itu Ketua Harian Gaja Mada, Dedi Kurniawan Angkat SH yang berprofesi sebagai pengacara menyebutkan, bahwa penghargaan yang diberikan merupakan apresiasi kepada Disdukcapil atas kepuasan masyarakat dengan pelayanan yang dilakukan.

Tak hanya dari hasil survei yang dilakukan, dirinya juga telah membuktikan baiknya pelayanan yang diberikan Disdukcapil. Dimana kliennya yang pernah berurusan dengan Disdukcapil dan dirinya sebagai kuasa hukumnya sangat terbantu dengan pelayanan yang diberikan.

Ia menjelaskan, bahwa pelayanan yang diberikan sangat baik, mulai dari penerima tamu sampai pejabat inti berbagai bidang, bahkan Kadis nya juga menerima kehadiran nya untuk berkonsultasi terkait kliennya.

"Sebagai masyarakat saya sangat terbantu atas pelayanan yang diberikan, sehingga permasalahan terhadap klien saya dapat diselesaikan," ujarnya.

Dedi pun berharap kedepan pelayanan Disdukcapil dapat lebih baik lagi dan dapat ditingkatkan. Kalau hasil survei 80 persen, kedepannya harus bisa 90 sampai 100 persen, sehingga benar-benar masyarkat mendapatkan pelayanan. (Mrs)