Ditandai Tradisi Mandi Balimau, Bupati Zahir Tutup Pesta Tapai Tahun 2023

20 Maret 2023

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., resmi menutup kegiatan pesta tapai yang ditandai dengan prosesi mandi balimau. Pesta tapai inipun banyak dirasakan manfaatnya oleh para pedagang dalam mendongkrak ekonomi UMKM.

Penutupan pesta tapai ini disaksikan ratusan masyarakat yang berkumpul di Desa Dahari Selebar, Kecamatan Talawi, pada Senin (20/03/2023) malam.

Dalam sambutannya Bupati Zahir mengatakan pesta tapai merupakan tradisi dan budaya yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Pesta tapai ini juga telah banyak membantu perekonomian masyarakat khususnya UMKM saat menjelang bulan suci Ramadhan.

Ada yang unik dari penutupan pesta tapai tahun ini yaitu prosesi mandi yang dikenal dengan mandi balimau. Masyarakat Kabupaten Batu Bara telah melakukan tradisi ini sejak zaman kedatukan yang banyak berkembang di wilayah pesisir Selat Malaka.

Mandi balimau sendiri dilakukan guna membersihkan diri seraya berdoa menyucikan diri menyambut bulan suci Ramadhan. Mandi balimau ini setelah terlebih dahulu dilakukan kenduri mogang.

Pada prosesi mandi balimau itu, Bupati Zahir memandikan Kadis Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Batu Bara, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda milenial.(j marbun)