Pengurus DPP Formanis, 3 DPC dan 9 PAC Resmi Dilantik

19 Maret 2023

 


Deli Serdang | Indonesia Berkibar News  - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Masyarakat Nias Bersatu ™ Formanis ™ yang beralamat sekertariat di Jln. Menteng Raya Gg. Swasta No. 34 Medan serta Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Formanis Provinsi Sumatera Utara telah resmi dilantik bersamaan secara langsung pada periode 2023 - 2027 oleh Ketua Dewan Penasehat Pimpinan Pusat Formanis, Khamozaro Waruwu SH, MH di Gedung Convention Hall, Minggu (19/03/2023) Lubuk Pakam Pemkab Deli Serdang.

Dikesempatan ini Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan diwakili oleh Kepala Badan Kesbang Pol, Drs. Zainal Abidin Hutagalung dalam sambutannya mengharapkan seluruh pengurus dan anggota Formanis yang di dalamnya ada pemuda suku Nias agar menjadi agen pemersatu dan bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam memajukan provinsi Sumatera Utara," semoga tetap dijaga kesatuan dan persatuan bangsa di NKRI ini." Ujarnya.

" Diharapkan juga supaya organisasi Formanis bisa menjadi wadah pemersatu mempererat persaudaraan, menjaga toleransi antar sesama suku lain dan masyarakat Nias serta bersinergi memajukan pemerintah daerah provinsi Sumatera Utara khususnya di kabupaten kita ini.

Sementara, Kepala Badan Kesbang Pol Deli Serdang juga mengucapkan selamat kepada Dewan pengurus DPP serta 3 DPC dan 9 PAC Formanis Sumut yang baru terbentuk dan dilantik dengan harapan supaya Formanis semakin berkembang dan sukses dalam menjalankan visi dan misi organisasi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dewan Penasehat DPP Formanis, Khamozaro Waruwu SH MH mengatakan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan organisasi ini merupakan organisasi sosial masyarakat yang memikirkan bagaimana ke dapan untuk membangun kolonia mempersatukan kekuatan orang kita Nias (Ono Niha Anak Keturunan Manusia)." Serta membangun kemitraan dengan berbagai organisasi juga di pemerintah daerah masing - masing, sehingga dengan adanya organisasi Formanis di masyarakat, untuk periode 2023 - 2027 sudah bisa mulai bekerja agar bisa termotivasi pada program kerja ke depan nantinya," ungkapnya.

Khamozaro Waruwu SH MH juga berharap kepada Ketua Forum Masyarakat Nias Bersatu ™ Formanis ™ masing - masing ke depan diminta mulai bekerja karena organisasi ini masih baru untuk memberikan warna, dan memang Formanis baru dikukuhkan hari ini di dunia inovasi sendiri mungkin selama ini belum ada, tapi dengan adanya organisasi Formanis di Sumatera Utara ini, semuanya memikirkan bagaimana masyarakat kita Nias bisa bersatu dan dapat terangkat kesejahteraannya serta kehormatan suku Nias tersebut," jelasnya.

Dalam hal ini Ketua DPP Formanis Sumut, Kristian Telaumbanua S.T M.T atau biasa dipanggil Ama Calvin dalam arahannya mengatakan DPP Formanis yang berpusat di kota Medan udah mengukuhkan kepengurusan 3 DPC untuk kabupaten kota dan 9 PAC. " Diminta semuanya bersama - sama meraih sebuah mimpi bagaimana meningkatkan rasa sosial dan kebersamaan, khususnya di masyarakat Nias bisa meraih melalui organisasi Formanis ini." Kita bisa bekerja sama dengan pemerintah pusat baik di tingkat provinsi dan pemerintah kabupaten kota, begitu juga dengan organisasi lainnya," ujarnya.

Ketua DPP Formanis Sumut, Kristian Telaumbanua ST MT menjelaskan dengan adanya organisasi ini kita meng-input ide - ide saran, sehingga dengan ini bisa memiliki Inspirasi. Seperti yang hadir hari ini memberikan suport dan dukungan kegiatan kita ini." Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang sudah tergabung di Formanis ikut mendukung penuh mensuport dan membantu suksesnya dalam pelantikan organisasi Formanis kita ini," ungkapnya

Lanjutnya, Ketua DPP Formanis Sumut dalam hal ini masa pendukung kurang lebih 1200 orang yang ikut bergabung di Formanis ini, adapun yang masih kami lakukan di Formanis ini menggunakan teknologi salah satunya menghimpun semua keanggotaan melalui website sendiri bisa mendaftarkan disana, sehingga kabupaten / kota bisa saling mengcover apa masalah yang dihadapi, sehingga pengurus di pusat maupun di daerah - daerah bisa bekerja sama dengan baik melalui website kita." Ketua DPP Formanis Sumut berharap Formanis nantinya bisa bekerja sama dengan pemerintah pusat maupun kabupaten kota, guna dapat meminta supaya dibuatkan rumah inspirasi untuk suku Nias atau disebut rumah Gareh, gunanya untuk dapat membantu masyarakat luas untuk kepentingan bersama masyarakat umum itu sendiri atau yang disebut rumah aspirasi etnis Nias.

Di tempat yang sama Ketua Dewan Pimpinan Cabang ™ DPC Formanis Deli Serdang, M. Jufri Wau menjelaskan dengan lanjutan program kerja Formanis untuk bisa membantu masyarakat umum dan khususnya masyarakat Nias dengan melaksanakan program cerdas dan mampu bekerja sama melalui program KIS, KIP Dinsos Deli Serdang dan Dinas Dukcapil Deli Serdang KTP, KK, Akte Lahir dan Akte Nikah." pada masyarakat di Deli Serdang yang memerlukan ™ Formanis ™ Kita siap membantu penuh dan semoga terbentuknya DPP Formanis Sumut dan DPC serta PAC Formanis dapat lebih giat berkarya dalam menjalankan suatu organisasi ikut membangun Provinsi dan Kabupaten /Kota," sambungnya.

Dalam kegiatan pelantikan ini, Dewan Penasehat DPP Formanis Provinsi Sumut Khamozaro Waruwu SH MH menyerahkan Mandat DPP SK Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Formanis periode masa bakti 2023 - 2027 yang di terima oleh Ketua umum Kristian Telaumbanua ST MT (Ama Calvin ) didampingi sekretaris jenderal Fosasi Daeli S.Pd (Ama Tian) dan Emanueli T Zalukhu S.H (Ama Jhastin) sebagai bendahara umum dan KSB Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Medan, Kota Binjai dan DPC Kabupaten Deli Serdang, serta 9 PAC antara lain 1. PAC Medan Kota 2. PAC Medan Helvetia 3. PAC Medan Labuhan 4. PAC Percut Sei Tuan 5. PAC Tanjung Morawa 6. PAC Patumbak 7. Pancur Batu 8. PAC Galang dan 9. PAC Kec. Lubuk Pakam.


Ditempat yang sama, Ketua panitia pelantikan pengurus Formanis Sumut Elifati Lase A. Md. Par. Mengucapakan terima kasih yang sebesar - besarnya atas terlaksananya kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, pelantikan dan pengukuhan DPP dan DPC serta PAC Formanis tersebut kepada semua, baik tokoh masyarakat / para ormas lain yang hadir dan anggota DPRD, pemerintahan provinsi Sumut / Kabupaten Kota, para Dewan Pengurus juga anggota yang tergabung di Formanis dan tamu undangan yang hadir di kegiatan pelantikan ini.

Turut hadir dalam kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus Formanis tersebut perwakilan Gubernur Sumatera Utara Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Arianto Butar - Butar SE, M.Si dan anggota DPRD Kabupaten Nias Fataouosa Waruwu alias Fantos Waruwu, serta mewakili Bupati Kabupaten Deli Serdang Kapala Badan Kesbang Pol Deli Serdang Drs. Zainal Abidin Hutagalung, Kadishub Deli Serdang, Kadis PMD Deli Serdang Drs. Khairul Azman MAP, Dinas Satpol PP Deli Serdang, tokoh masyarakat undangan para sesepuh dan pemuka agama serta ormas lainnya yang hadir dalam acara pelantikan Formanis ini. (R.Chi02)