BANGGA,INALUM PAMERKAN PRODUK UMKM DI BAZAAR KEMENTRIAN ESDM RI

5 April 2023

 


Jakarta | Indonesia Berkibar News -PT Indonesia Asahan Aluminium atau INALUM memamerkan sejumlah produk UMKM dari beberapa mitra binaan yang berasal dari Sumatera Utara. Kesempatan tersebut dilakukan dalam kegiatan Bazar Sobat Energi Belanja UMKM KESDM 2023 yang diadakan oleh Kementerian ESDM di Jakarta. Partisipasi tersebut dilakukan INALUM sebagai langkah perusahaan dalam mendorong UMKM Binaan INALUM untuk lebih populer, modern, dan naik kelas sesuai dengan visi besar Holding Industri Pertambangan (MIND ID) dan Pemerintah Indonesia. 

Deputi Corporate Secretary INALUM Mahyaruddin menyebut bahwa pameran dalam bentuk bazaar tersebut merupakan bagian dari kolaborasi INALUM bersama Anggota Holding Industri Pertambangan (MIND ID) dalam mendukung kemajuan UMKM Binaan INALUM. Mahyaruddin berharap masyarakat luas bisa melihat dan mencoba langsung produk-produk UMKM Binaan dan bisa memberikan dukungan agar UMKM tersebut bisa lebih berkembang. 

“Kami berterima kasih kepada Kementerian ESDM RI yang telah memberikan kesempatan kepada INALUM untuk bisa memamerkan produk-produk kreatif dari UMKM Binaan INALUM kepada masyarakat luas. Sebagai bagian dari BUMN, INALUM selalu berkomitmen untuk bisa meningkatkan level dari UMKM di sekitar kawasan operasional perusahaan di Sumatera Utara agar bisa lebih maju, modern, dan sejahtera. Kami berharap, masyarakat bisa mencoba produk-produk kreatif tersebut, dan membantu rekan-rekan UMKM untuk mempromosikannya kepada masyarakat,” ujar Mahyaruddin. 

PT INALUM sebagai perusahaan telah mendorong lebih dari 200 entitas UMKM yang tersebar di seluruh Sumatera Utara (sekitar kawasan operasional perusahaan). Bantuan terdiri dari bantuan modal, bantuan alat usaha, pelatihan, pendampingan, hingga promosi produk. Pada Bazar Sobat Energi Belanja UMKM KESDM 2023, INALUM membawa 9 produk UMKM yang bergerak dibidang kuliner yaitu: Rajawali Coffee, Rajawali Gula Semut, Rajawali Sasagun, Mauas Madu, Cookies Madu, Sambal Teman, Bandrek Joeli Jahe Merah, dan Kunyit Asam Joeli. 

Masyarakat bisa langsung hadir dan membeli langsung produk dari UMKM Binaan INALUM di Bazaar Sobat Energi Belanja UMKM KESDM 2023 pada tanggal 4 – 6 April 2023 di Lapangan Futsal Kantor Kementerian ESDM RI, Jakarta. Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Menteri ESDM RI Arifin Tasrif, dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dan Direktur Utama INALUM Danny Praditya.


Sebagai satu-satunya Pabrik Peleburan aluminium di Indonesia yang telah dioperasikan selama lebih dari 4 dekade, INALUM berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat sekitar Perusahaan dengan semangat pemberdayaan, kemandirian, dan pertumbuhan positif secara bersama-sama. Oleh karena itu, INALUM secara rutin melakukan pelatihan-pelatihan ketrampilan kepada masyarakat sekitar seperti, sablon, menjahit, bordir, rias pengantin, bengkel, las, dan lain sebagainya. Perusahaan juga memberikan modal bergulir sehingga UMKM bisa berkembang dan menciptakan lapangan kerja sendiri dan menjadi lebih mandiri.(IPS)