Giat Monitoring & Pengamanan Malam Takbiran Dalam Rangka Sambut Idul Fitri 1444 H di Wilkum Polres Langkat

21 April 2023


Langkat  | Indonesia Berkibar News -
Giat Monitoring dan Pengamanan Malam Takbiran Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Wilkum Polres Langkat, Jumat (21/04/2023)

Adapun hasil giat monitoring Wilkum Polsek Pangkalan Susu.

Pada hari Jumat tanggal 21 April 2023 pukul 20.30 WIB s/d selesai, dilaksanakan perlombaan festival beduk seTeluk Aru di mesjid Bitrul Tajrian dengan tema Gema Takbir Bitrul Tajrian I, yang di ikuti oleh 16 perserta masing masing 2 dari Kec.Sei Lepan dan Brandan Barat dan 14 perserta dari Kec. Pkl. Susu. 

Petugas Pam yaitu Personil Polsek Pkl. Susu, Personil Koramil 15 Pkl. Susu, Personil Kamla Pkl. Susu, Ormas dan OKP Kec. Pkl. Susu, Remaja Mesjid Bitrul Tajrian

Perserta Perlombaan : 16 ( enam belas) perserta .

Kegiatan dihadiri oleh Camat Pkl.Susu,diwakilkan Lurah Bukit Jengkol Sdr. Ilhamudi, Kapolsek Pkl.Susu AKP Zul Iskandar Ginting SH,Danramil 15 Pkl.Susu Kapten Zulkarnaen, Ketua PHBI Pkl.Susu Sdr Ramli,Ketua BKM Sdr Rajali AR, Ketua Ormas dan OKP Kec.Pkl. Susu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Remaja mesjid Bitrul Tajrian,Tamu dan undangan

- Kegiatan perlombaan festival beduk dilaksanakan dalam 1 tahun sekali tepatnya menyambut hari raya Idul Fitri

2. Wilkum Polsek Gebang :

Pada hari Jumat (21/04/2023) sekira pukul 20.00 WIB s/d selesai Sholat Isya, umat Islam yg akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H pada hari Sabtu (22/04/2023), melakukan Gema Takbir di seluruh Masjid-Masjid di Wilkum Polsek Gebang. 

Selain malakukan Gema Takbir di masjid-masjid, sebahagian warga masyarakat ada juga yang melakukan jalan jalan dengan menggunakan kendaraan roda dua. 

Hasil monitoring yang dilakukan oleh Personil Polsek Gebang yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Gebang AKP. M. Sebayang SH dan Waka polsek Iptu Darmansyah, ke masjid-masjid dan musholla, para jemaah Masjid melakukan Takbiran di dalam Masjid dengan menggunakan pengeras suara. 

Dan bagi Personil yang melaksanakan pam jalur, melakukan pengaturan arus lalin, khusus bagi warga yang mudik menggunakan kendaraan melalui jalan raya Medan - Banda Aceh.  

Sampai saat ini giat Takbiran yang dilakukan warga masyarakat masih berlangsung di beberapa lokasi Mesjid, Arus lalin jalinsum ramai lancar dan tdk ada kemacetan.

3. Wilkum Polsek Kuala :

Pada hari Jumat (21/04/2023)Personil Polsek Kuala dan Koramil 04 Kuala yang dipimpin Kapolsek Kuala AKP ILHAM.S.Sos, melaksanakan Patroli Gabungan ke Mesjid - Mesjid yang Melaksanakan Takbiran Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023 M.

Kegiatan Patroli Gabungan di Masjid - Mesjid yang Melaksanakan kegiatan Takbiran Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023 M untuk Memberikan rasa aman kepada Umat Muslim dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023 M diwilayah kecamatan Kuala.

Kegiatan Patroli Gabungan Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ Tahun 2023 M di Mesjid - Mesjid diikuti : Kapolsek Kuala AKP ILHAM.S.Sos,Waka Polsek Kuala Iptu Jasmin,Kanit Reskrim Ipda Yasser Parinduri,Kanit Intelkam Ipda Sinar Harapan,Kanit Sabhara Aiptu Sujarno, Kanit Provost Aiptu Pakkat Pasaribu,Personil Polsek Kuala,Personil Koramil 04 Kuala.

Kegiatan Patroli Gabungan Pengamanan Malam Takbiran Menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 1444 H tahun 2023 M, berlansung dalam keadaan aman dan kondusif.

4. Wilkum Polsek Salapian :

Pada hari Jumat k21/04/2023)pukul 20.30 WIB di Mesjid-Mesjid Wilkum Polsek Salapian antara lain : Mesjid Al-Ilham Desa Perkebunan Tanjung Keliling Kec. Salapian, Mesjid Al-Ihsan Desa Minta Kasih Kec. Salapian, Mesjid Raya Desa Namanjahe Kec. Salapian, Mesjid Al-Amin Dusun Namo Cengkeh Kel. Tanjung Langkat Kec. Salapian, Mesjid Raya Istiqomah Kel.Tanjung Langkat Kec.Salapian, 

Mesjid Nurul Furqon Kuala Serdang Desa Namanjahe Kec. Salapian, Mesjid Baiturrahman Desa Kutambaru Kec. Kutambaru, Mesjid Baitul Amin Desa Perk. Marike Kec. Kutambaru, Mesjid Assyuhada Desa Kutambaru Kec. Kutambaru.

Pelaksanaan pengamanan takbiran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 dilaksanakan Personil Polsek Salapian yang dipimpin oleh Kapolsek Salapian AKP B. Ginting, agar Kamtibmas di Wilkum Polsek Salapian berjalan kondusif, aman dan tertib.

Personel Pengamanan : Kapolsek Salapian AKP B. Ginting, Waka Polsek Iptu Suyono,Kanit Samapta Ipda Junaidi S, 

Kanit Reskrim Ipda Sejahtera Ginting S.H., M.H, Kanit Ika Aiptu Johanes Sitepu S.H, 

Kanit Propam Aiptu L.K. Tarigan, Kanit Binmas Aiptu Hartoyo, Kasium Aipda Jul Sahwana S.E, Aiptu Ahmad Waryanto,

Aiptu Wahyu Priadi S.H, Aiptu Indra Naldo, Aiptu Edi Ginting, Aipda Armalis S.H, Bripka Afri Bangun.

5. Wilkum Polsek Padang Tualang :

Pada hari jumat (21/04/2023)sekira pukul 20.00 WIB s/d selesai telah dilaksanakan giat pengamanan Malam Gema Takbir dalam menyambut hari Raya Idul Fitri (IED) 1444 H / 2023 yaitu : 

Mesjid Al - Qarimah di Dusun Pondok 13 Kebun Desa Mekar Sawit Kec. Sawit Seberang,Pembaca Gemah Takbir : Ustad Pariadi Spd, Jumlah jemaah : 35 orang,Jumlah kendaraan R2 : 20 unit, Tamu / pengunjung yg hadir : 10 orang.

Petugas Pam : Aiptu Argianta Ginting,Aiptu Supriyanto

Mesjid Al - Mukmin Dusum Sumur Boor Desa Tebing Tanjung Selamat Kec. Padang Tualang

- Pembaca Gemah Takbir : Sdra. Sucipto, Jumlah jemaah : +/- 20 orang, tidak melaksanakan pawai Takbir

Petugas Pam :Aiptu Samsul P, Aipda J. Togatorop.

Mesjid Al - Islah Dusun X RSTS Desa Tebing Tanjung Selamat Kec. Padang Tualang, Pembaca Gemah Takbir : Ahmat Nasution, Jumlah jemaah : 15 orang,Jumlah kendaraan R2 : 8 unit, Tamu / pengunjung yang hadir : 15 orang..

Petugas Pam :Aipda LD. Silitonga, Bripka Kridianto 

Mesjid Subulussallam di Kel. Sawit Seberang Sawit Kec. Sawit Seberang,Pembaca Gemah Takbir : Ust. Sadino, S.pd, Jumlah jemaah : 50 orang,Jumlah kendaraan : R2 15 unit dan R4 2 unit,Tamu / pengunjung yang hadir : 10 orang.

Petugas Pam :Aiptu R. Siagian, Aipda Yuyun D.

Mesjid Nurul Yaqin Gardu Desa Tanjung Putus Kec. Pd. Tualang, Pembaca Gemah Takbir : Ust. Imanullah, SH,Jumlah jemaah : 35 orang, Jumlah kendaraan R2 : 18 unit,Tamu / pengunjung yg hadir : 4 orang.

Petugas Pam :Briptu Aldres Surbakti, Briptu Budi Teguh Perkasa.

Mesjid Agung Parit Rimo Kec. Padang Tualang,

Pembaca Gemah Takbir : Ustad Sulaiman, Jumlah jemaah : 50 orang,Jumlah kendaraan Roda Dua 20 unit. Roda empat 2 unit, Tamu / pengunjung yang hadir : 5 orang.

Petugas Pam :Aipda Budi utomo, Bripka KP Sitompul.

7.Mesjid Raya Kelurahan Batang Serangan Kec. Batang Serangan,Pembaca Gemah Takbir : Sadino, 

Jumlah jemaah : 50 orang, Jumlah kendaraan : R2 : 20 / R4 : 3 unit, Tamu / pengunjung yg hadir : 50 orang.

Petugas Pam :Aiptu M.Mahmud, Aipda S. Panjaitan.

Mesjid Raya Al Ikhlas Tanjumg Selamat Kel. Tjg. Selamat Kec. Pd. Tualang, Pembaca Gemah Takbir : Sdr. Abdullah, Jumlah jemaah : 20 orang,Jumlah kendaraan R2 : 20 unit, Tamu / pengunjung yang hadir : 5 orangm

Petugas Pam :Aiptu L.H.W. Sinaga, Aiptu Surya Darma.

Mesjid Al - Kautsar Lingkungan Titi Besi Kel. Batang Serangan Kec. Batang Serangan, Pembaca Gemah Takbir : Mijianto, Jumlah jemaah : 20 orang, Tidak melaksanakan pawai Takbir.

Petugas Pam :Iptu Hermawan, SH, Bripka BP. Nainggolan.

Madrasah Tuan Guru Babusalam Desa Besilam Kec.Padang Tualang, Pembaca Gemah Takbir : Khalifah Suleman, Khalifah Shaud Abdul Rahman dan Khalifah Ali Rakmawadi 

Jumlah jemaah : 20 orang,Tidak melaksanakan pawai Takbir.

Petugas Pam : Bripka Marianto.

Giat pengamanan dilaksanakan oleh Personil Polsek Padang Tualang yang dipimpin oleh Kapolsek Padang Tualang AKP Sutrisno, SH, yaitu dengan melakukan pengamanan dan giat patroli dengan mendapat Beck up dari Personil TNI dari Koramil 10 Padang Tualang.

Giat pengamanan Malam Gemah Takbir dalam menyambut hari Raya Idul Fitri (IED) 1444 H / 2023 hanya dilaksanakan di mesjid - mesjid dan tidak ada melaksanakan giat pawai takbir keliling dan telah berkoordinasi dengan pihak BKM/Nazir Mesjid agar para jamaah yang hadir untuk tetap waspada dan bersama - sama menjaga Kamtibmas di wilkum Polsek Padang Tualang.

6. Wilkum Polsek Pangkalan Brandan :

Pada hari Jumat (21/04/2023)sekira pukul 20.00 WiUB s/d selesai Sholat Isya, umat Islam yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H pd hari Sabtu Tgl.22 April 2023, melakukan Gema Takbir di seluruh Masjid-Masjid.

Selain malakukan Gema Takbir di masjid-masjid, sebahagian warga masyarakat ada juga yang melakukan Takbiran dengan cara berkeliling sekitar Desa dan Kelurahan serta Kota Pangkalan Brandan dengan berjalan kaki secara rombongan, mengendarai sepeda motor, becak bermotor dan mobil pick up.

Hasil monitoring yang dilakukan oleh Personil Polsek Pkl.Brandan ke masjid-masjid dan musholla, para jemaah Masjid melalukan Takbiran di dalam Masjid dengan menggunakan pengeras suara. Dan bagi personel yang melaksanakan pam jalur, melakukan pengaturan arus lalin khusus bagi warga yg melakukan Takbiran dengan cara berkeliling, agar tdk mengganggu arus lalu lintas yg melintas di Jalinsum dan tetap lancar walaupun arus lalin ramai.

Sampai saat ini giat Takbiran yg dilakukan warga masyarakat masih berlangsung di beberapa lokasi. Arus lalin Jalinsum ramai lancar dan tdk ada kemacetan.

7. Wilkum Polsek Besitang :

1. Pada hari Jum'at (21/04/2033)sekira Pukul 20.30 WIB telah di laksanakan Pawai Obor dalam rangka menyambut Idul Fitri 1444 H yang bertempat di Mesjid Raya Besitang Kec. Besitang... 

Giat tersebut dihadiri oleh : Camat Besitang H. Irham Efendy S.Ag, Kapolsek Besitang AKP TC. Sihite,SH, Danramil Besitang di wakili Sertu Bunandi, Ketua MUI Kec. Besitang, Ketua Nahdatul Ulama Kec. Besitang, BKPRMI Kec. Besitang, 

BKM Mesjid Kec. Besitang, Kanit Reskrim Ipda W. Situmorang, 

Kanit IK Aiptu Leo S. Surbakti,Brigadir Polsek Besitang, Tokoh Masyarakat.

Dalam giat Pawai Obor tersebut di ambil Rute mulai Mesjid Raya Besitang menuju Kantor Koramil Besitang dan kembali lagi menuju Mesjid Raya Besitang.

Selanjutnya Pawai Obor tersebut di Lepas langsung Oleh Forkopimcam Besitang. 

Selanjutnya sekira Pukul 21.30 WIB,Camat Besitang memimpin acara pembukaan Lomba Beduk dimana dalam Perlombaan Beduk tersebut di ikuti Oleh 6 Peserta.

8. Wilkum.Polsek Secanggang :

Pada hari Jumat (21/04/2023) pukul 19.30 WIB s/d selesai Kapolsek Secanggang AKP Salija SH, beserta Personil Polsek Secanggang melaksanakan pengamanan takbiran dan pawai obor menyambut hari raya idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Wilkum Polsek Secanggang

Kegiatan pengamanan ini dilaksanakan guna memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat yang melaksanakan takbiran dan pawai obor dalam menyambut hari raya idul Fitri di wilayah Kec. Secanggang kab. Langkat.

Adapun Masjid yang melaksanakan takbir dan Pawai Obor adalah Masjid Jami Nasrullah Kelurahan Hinai Kiri yang dilaksanakan oleh remaja Masjid Kelurahan Hinai Kiri dengan jumlah peserta pawai kurang lebih 150 orang dengan rute : Start dari halaman Masjid Jami Nasrullah menuju Lingkungan I dan lanjut ke lingk. II Kelurahan Hinai Kiri dan kemudian finish di halaman Masjid Jami Nasrullah Kelurahan Hinai Kiri.

Personil yang melaksanakan Pam takbir dan Pawai Obor :

Masjid Jami Nasrullah kelurahan hinai kiri :Iptu Zulkarnain,Ipda Raja Mulia. SH, Aiptu Harianto,Aiptu Weldianto, Aipda S. Kacaribu, Briptu Angga manulang.

Masjid Ubudiyah Pasar XII Desa Suka Mulia :Aipda Ahmad Irwan,Aipda Hendrik. S

Masjid Ar Rahim Simpang Parno Desa Suka Mulia :Aiptu Muliono, Aipda Bagiono.

Masjid Jami Assobirin Desa Kepala :Aiptu Suriadi, Bripka Robi. HP.

Selama kegiatan pengamanan berlangsung situasi aman dan kondusif.

9. Wilkum.Polsek Bahorok :

Giat Personil Polsek Bahorok Polres Langkat yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda F.Rozi Nasution SH, pada hari jumat (21/04/2023)

sekira pukul 20.30 WIB,melaksanakan Pam Takbir Akbar dirangkaikan lomba mobil hias, dengan route Simpang 3 Bahorok menuju Bukit Lawang, giat masih berlangsung dengan tertib dan aman. 

10. Wilkum.Polsek Hinai :

Pada hari Jumat (31/04/3023)sekira pukul 20.30 WIB telah dilaksanakan Pam Malam Takbiran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 di wilayah hukum Polsek Hinai : Mesjid NURUL IMAN, Jalan lintas Medan-Banda Aceh Dusun VII Desa Suka Jadi Kec.Hinai Kab. Langkat.

Pembaca Gemah Takbir didalam Mesjid, Jumlah Jamaah : 10 orang.

Petugas PAM :Aiptu A.Darwis.

Masjid : Nurul Ihsan Dusun II Desa Baru Pasar Delapan Kec.Hinai Kab.Langkat.

Pembaca Gemah Takbir didalam Mesjid.

Jumlah Jamaah : 8 orang,.

Petugas PAM : Aipda Irwansyah,Bripka Suheri.

Mesjid Jamiul Khair

Kel.Kebun Lada Kec.Hinai Kab.Langkat. 

Pembaca Gemah Takbir didalam Mesjid.Jumlah Jamaah : 8 orang.

Petugas PAM : Aiptu Widodo, Aiptu Hendra,S

Mesjid : Ash Shalihin

Desa Batu Melenggang 

Kec.Hinai Kab.Langkat.Pembaca Gemah Takbir didalam Mesjid, Jumlah jamaah : 8 orang.

Petugas PAM : Bripka Hariudin, Bripka Hari Putra.

Masjid Nurul Islam

Desa Cempa Kec.Hinai Kab.Langkat.Pembaca Gemah Takbir didalam Mesjid, jumlah Jamaah : 5 orang, Petugas PAM : Aipda Babang S.

Mesjid : Al Ridha Tanjung Mulia Kec.Hinai.

Pembacaan Gemah Takbir didalam Mesjid.

Jumlah Jamaah : 5 orang, Petugas PAM :Aiptu Yunus S.

Mesjid : Al.Ikhlas Desa Batu Melenggang Kec.Hinai Kab.Langkat.Pembaca Gemah Takbir didalam Mesjid., Jumlah Jamaah : 8 orang.

Petugas PAM : Aiptu Awal.S.

Kegiatan Monitor / pengamanan 

Pam Malam Takbiran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 di Wilkum Polsek Hinai berjalan dengan tertib ,aman dan kondusif.

Selama berlangsungnya kegiatan berjalan aman dan baik dengan pengamanan dari Personil Polres Langkat dan Polsek jajaran. (syaf)