Bupati Dairi Sosialisasikan Aplikasi Sidasa Di Tanah Pinem

16 Mei 2023


Dairi | Indonesia Berkibar News -
Di sela kegiatannya usai menyerahkan santunan pada keluarga Cahaya Ginting, warga Desa Pamah, Kecamatan Tanah Pinem, yang terkena musibah tersambar petir pada Januari lalu, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyempatkan diri mensosialisasikan aplikasi informasi sistem dasawisma (Sidasa) kepada Kepala Desa dana aparat desa setempat, Selasa (16/05/2023).

Bertempat di kediaman Kepala Desa Pamah Daniel Wisler Sagala, sembari ramah tamah dan makan siang, Bupati menjelaskan bahwa aplikasi Sidasa merupakan salah satu alat bantu bagi desa dalam mempercepat pendataan kelompok dasawisma yang mesti mendapat dukungan dari desa dan aparatnya.

Eddy Berutu mengatakan aplikasi Sidasa yang dibangun Pemerintah Kabupaten Dairi atas program dari PKK Dairi akan dapat membantu memperoleh proses data yang akurat tentang kondisi dan keadaan warga masyarakat di tingkat desa.

“Kegiatan dasawisma diarahkan pada peningkatan kesejahteraan dan kesehatan keluarga yang nantinya dapat membantu program pemerintah, kecamatan, dan desa terutama di bidang kesehatan,” ujarnya.

Dengan hadirnya Sidasa mobile, kata Eddy, kepala desa tentunya akan dapat melihat hasil pendataan warga sehingga dapat diketahui keperluan apa yang dibutuhkan di masing-masing desa.

“Hadirnya program ini, membuktikan bahwa PKK dibutuhkan untuk membantu program pemerintah dan kita kepala desa dan aparatnya mesti ambil peran dalam mendukungnya,” kata Bupati.

Sementara itu, dalam pemberitaan sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Ny Romy Mariani Simarmata Eddy Berutu mengatakan dengan hadirnya dasawisma, kita dapat mengetahui data keadaan warga yang akurat, seperti tentang data kesehatan, pendidikan, ataupun keadaan ekonomi.

“Dengan data yang valid kita bisa ambil keputusan yang tepat. Itulah pentingnya sistem informasi dasawisma. PKK sebagai mitra pemerintah memiliki banyak peran dalam membantu program pemerintah. Selamat kepada Kecamatan Lae Parira yang menjadi pilot project aplikasi Sidasa mobile di Kabupaten Dairi. Diharapkan ke depannya, seluruh kecamatan dapat meniru dan menerapkan di kecamatan masing-masing,” ujar Romy Mariani dalam acara implementasi Aplikasi Sidasa Mobile di Kecamatan Lae Parira, Senin (15/05/2023).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Kepala Dinas Sosial, Charles Bancin, Kepala BPBD, Hotmaida Butar-butar, Anggota DPRD Charles Tamba dan pengurus Karang Taruna Tanah Pinem. (Mrs)