Dalam Acara MTQ Kabupaten Dairi ke-48 Tahun 2023, Sebanyak 22 Kafilah Siap Bertanding

15 Mei 2023


Dairi | Indonesia Berkibar News -
Sebanyak 22 Kafilah yang berasal dari 15 Kecamatan se-kabupaten Dairi serta SMA, SMK dan Pondok Pesantren, siap mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Dairi yang ke-48.

MTQ tersebut berlangsung selama 3 hari, sejak Senin-Rabu (15/05/2023 sd 17/05/2023) di halaman utama gedung MTQ Desa Bintang Mersada, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Dairi, Jono Pasi S.Ag mengatakan adapun cabang yang akan dilombakan pada MTQ ini iyalah ada  7 cabang lomba. Adapun 7 cabang tersebut yaitu 1. Tartil Qur’an putra/i, 2. Tilawah anak2, putra/i, 3. Tilawah Remaja putra/i, 4. Tilawah Dewasa putra/i, 5. Fahmil Qur’an putra/i, 6. Syarhil Qur’an putra/i dan 7. Hifzil Qur’an (tahfiz Qur’an), putra/i.

Selanjutnya, Jono mengatakan kegiatan ini diharapkan tidak hanya dijadikan sekedar ajang untuk perlombaan saja. Melainkan lebih sebagai upaya membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an.

Ia menambahkan, cinta disini pun juga tidak sebatas cinta atau senang untuk membaca, tetapi juga senang untuk selalu mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini menjadi sangat penting di tengah-tengah era globalisasi dan keterbukaan informasi seperti sekarang ini. 

"Sehingga dengan berpegang pada nilai-nilai Al-Qur’an. Insya Allah kita tidak akan pernah tersesat dan terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif,” Ujarnya.

Selanjutnya, Jono mengatakan menang atau kalah dalam sebuah kompetisi merupakan hal yang wajar namun yang terpenting adalah usaha dan niat kita untuk memberikan yang terbaik.

“Menang atau kalah itu hal biasa, namun niat dan usaha kita untuk kompetisi MTQ adalah suatu hal yang luar biasa,” Tuturnya. (Mrs)