Gedung Perpustakaan Dairi Diresmikan Dengan Nama "Raja Naga Jambe"

4 Mei 2023


Dairi | Indonesia Berkibar News -
Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando meresmikan gedung perputakaan Kabupaten Dairi di Taman Rekreasi Sidikalang, Kamis (04/05/2023).

Perpustakaan berlantai 3 tersebut pun diberi nama Perpustakaan Raja Naga Jambe. 

Menurut tokoh adat, Raja Ardin Ujung, pemilihan nama ini telah melalui beberapa kali musyawarah oleh para tokoh adat Sulang Silima.

"Pada 10 Maret 2023 kami telah mengadakan rapat untuk berembuk memilih nama yang tepat. Dan di tanggal 3 April kita sepakat untuk memilih nama gedung menjadi Gedung Raja Naga Jambe," katanya.

Pemilihan nama Raja Naga Jambe, menurut Raja Ardin Ujung, memiliki filosofi tersendiri. Raja Naga Jambe adalah nama salah seorang nenek moyang suku Pakpak.

"Raja Naga Jambe adalah satu pemilik nama suak Kepas dari 7 nama. Beliau adalah Leluhur suak Kepas, dan panutan dari si-7 marga," ujarnya.

Bersama Bupati Dairi Dr Eddy K A Berutu, peresmian gedung perpustakaan yang memiliki 3 (Tiga) lantai itu, turut juga dihadiri oleh Anggota DPR-RI Komisi X Djohar Arifin Husin, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Deputi II Bidang Pengembangan Perpusnas Dr. Ardin Bondar, Unsur Forkopimda Dairi, Sekda Budianta Pinem, Asisten Perekonomian J.W Purba, Plt. Kepala Pusat Analisis dan Pengembangan Budaya Baca Dewi Kartika Sari, para kepala OPD, Ketua TP.PKK, Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, serta para tamu undangan lainnya.

Sebagai informasi, gedung ini nantinya akan dilengkapi dengan ruang teknologi informasi, auditorium (ruang serbaguna), ruang audiovisual, dan coffee shop. (Mrs)