KPw BI Sumut Doddy Zulverdi Berterimakasih ke Wartawan Karena Mendukung Kinerja Selama Memimpin di Sumut

8 Mei 2023


Medan | Indonesia Berkibar News -
Kepala Perwakilan Bank Indonesia  Sumatera Utara (KPw BI Sumut) Doddy Zulverdi mengucapkan terimakasih kepada wartawan yang telah meningkatkan dukungan semua kegiatan BI Sumut untuk menyampaikan kepada masyarakat. Begitu pun dengan suport yang selama ini terjalin.

Hal ini disampaikan Doddy Zulverdi berhubungan perpindahan tugas menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan wartawan semua karena dalam waktu 15 bulan saya di sini (BI Sumut) saya rasakan dukungan sangat luar biasa. Meski kawan-wartawan sangat kritis tapi bisa dibilang pemberitaan yang disajikan cukup berimbang,” kata Doddy Zulverdi dihadiri KPw BI Sumut yang baru  IGP Wira Kusuma, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Ibrahim, dan moderator Kepala Divisi Pengembangan dan Ekonomi BI Provinsi Sumut, Poltak Sitanggangpada pertemuan Pisah Sambut sekaligus Halal Bi Halal dan Bincang Bareng Media (BBM) yang diselenggarakan di Gedung BI Sumut Lt 9 Medan, Senin (08/05/2023).

Diungkapkannya lagi bahwa selama 15 bulan memimpin BI Sumut, support yang diberikan wartawan sangat luar biasa. “Untuk itu saya pribadi mengucapkan terimasih. Dan saya mohon maaf atas kekhilafan maupun statemen dan perbuatan yang menyinggung kawan-kawan semua,” ungkapnya.

Perekonomian Sumatera Utara, diketahui pada Triwulan l-2023 masih tumbuh cukup baik sebesar 4,87% (yoy), meskipun melambat dari triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,26% (yoy).

"Perlambatan pertumbuhan ekonomi Sumut seiring dengan tren moderasi harga komoditas ekspor utama Sumut yakni CPO dan dampak dari fenomena cuaca ekstrem pada Tw-l 23 terhadap penurunan produksi komoditas pertanian seperti kelapa sawit,” harapnya.

Penurunan produksi sejumlah komoditas utama Sumut sebagal dampak dari cuaca ekstrem pada Tw-123 serta adanya tren moderasi harga komoditas ekspor utama Sumut seperti kelapa sewit menahan aktivitas perdagangan internasional. Disatu sisi, konsumsi dan investasi tetap kuat,” jelasnya.


Sementara dari sisi lapangan usaha, sektor pertanian, perdagangan, dan transportasi, sambung Doddy, pertumbuhannya melambat dibandingkan triwulan sebelumnya. Kemudian, deselerasi LU Pertanian seiring dengan masuknya periode musim anam beberapa komoditas seperti beras, cabai merah cabai rawit dan bawang merah serta fenomena Cuaca ekstrem yang berdampak pada penurunan produksi beberapa komoditas pertanian.


“Jumlah indikator seperti kredit perdagangan, UMKM dan transportasi serta prakiraan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) PBE yang melambat pada triwulan 1-2023 turut berdampak pada perlambatan LU Perdagangan dan LU Transportasi ditengah sektor konstruksi dan industri yang masih terakselerasi,” terangnya.


Menurut Doddy Zulverdi, tentang pertumbuhan ekonomi global dan Sumut diprakirakan pertumbuhan ekonomi global 2023 dapat mencapai 2,6% di Ley tingginya ketidakpastian global, dimana lebih tinggi dibanding proyeksi sebelumnya seiring proses recovery yang membaik.


“Perkembangan ini didorong oleh dampak positif pembukaan ekonomi Tiongkok pasca pandemi Covid-19 khususnya pada sektor jasa, namun tidak memberikan efek dominan terhadap pertumbuhan ekonomi global,” jelasnya.



Disamping itu, Doddy juga sedikit memperkenalkan Kepala BI Sumut yang baru. Menurutnya, dikepemimpinan IGP Wira Kesuma bisa menjalin kerjasama yang baik. Sebab, kata dia, IGP Wira Kesuma sudah biasa berinteraksi dengan wartawan sewaktu bertugas di BI Pusat.

“Saya yakin dengan kapasitas dan pengalaman beliau (IGP Wira Kesuma) bisa menjalin kerjasama dengan kawan-kawan wartawan karena sudah biasa berinteraksi dengan wartawan di Pusat. Saya harap kawan-kawan wartawan dapat meningkatkan komunikasi yang baik dengan beliau,” harapnya.(torong)