Asisten I Setdakab Batu Bara Resmikan Wisata Belanti Asri Desa Empat Negeri, Dinas Perikanan Berikan 2000 Bibit Ikan Lele

10 Agustus 2023


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -
Kepala Desa Empat Negeri Kamaluddin saat menyampaikan pidato sambutannya dalam rangka peresmian objek wisata Belanti Asri Desa Empat yang diresmikan Asisten I Rusian Heri.

Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili Asisten I Sekdakab Batu Bara Rusian Heri secara sah meresmikan Desa Wisata Alam Belanti Asri yang berada di Dusun VII, Desa Empat Negeri, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Kamis (10/08/2023). 

Asisten I Sekdakab Batu Bara Rusian Heri dalam pidato sambutannya, ia mengucapkan apresiasi kepada Kepala Desa Empat Negeri Kamaluddin beserta jajaran perangkat desa dan semua pihak yang turut mendukung untuk menjadikan desa wisata alam belanti asri ini. 

Desa wisata biasanya memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi dan daya tarik, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia, kata Rusian Heri. 

Lalu kemudian, Heri mengemukakan untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal (lokal wisdom), pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan semua unsur. 

Oleh karena itu pembangunan desa wisata harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat, baik sebagai penerima manfaat pengembangan, kerena dukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan kepariwisataan khususnya di Desa Empat Negeri ini, ketusnya. 

Berikutnya dia menuturkan, pengembangan desa wisata berjalan begitu pesat dan menyebar hampir diseluruh wilayah provinsi di Indonesia. 

Kearifan lokal kunci masyarakat yang bermartabat sehingga desa wisata tetap memegang nilai-nilai luhur khas desa, jelas Asisten I Rusian Heri yang eksis di pemerintahan OK. Arya hinga Bupati Zahir. 

Sementara Kepala Desa Empat Negeri Kamaluddin yang akrab disapa Ute Kamel dalam pidato sambutannya, ia mengucapkan terimakasih dan merasa bangga kepada Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili Asisten I Rusian Heri atas kehadirannya yang telah meresmikan Wisata Belanti Asri. Hal ini tentunya membuat kami lebih semangat atas kehadiran Asisten I. Begitu juga tamu undangan lainnya ikut berpartisipasi untuk bisa hadir. 

Selanjutnya kenapa Wisata Belanti Asri ini disebut Belanti, mungkin barangkali ada yang penasaran. Lalu Ute Kamel menjelaskan, dahulunya kawasan sepanjang bantaran sungai ini banyak pepohonan belanti, dan pohon rumbia. Maka oleh karena itu dari orang-orang tua dulu hingga sekarang melekat nama kawasan ini adalah Belanti. Nah begitulah menurut sejarahnya, urai Kamel singkat. 

Kepada Pemkab Batu Bara, serta pihak perusahaan perkebunan atau lainnya, mohon dukung dan kerjasamanya agar progam destinasi objek wisata Belanti Asri dapat berjalan lancar sesuai yang direncanakan. (j marbun)