Kantor kesyahbandaran Otorial Pelabuhan lV Pangkalan Susu menggandeng BP2TL Menggelar Diklat Kopentensi Pelabuhan

21 Agustus 2023


Pangkalan Susu  | Indonesia Berkibar News.-
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas lV Pangkalan Susu, Kerja sama dengan BP2TL dan Tkbm pelabuhan, Melaksanakan Diklat Kopetensi dan kualifikasi koperasi tenaga kerja bongkar muat. (TKBM) pelabuhan,

Diklat,Kompetensi tersebut berlangsung di gedung aula lantai 3 pemeliharaan Pltu," Di dusun Vl Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat,Propingsi Sumatera Utara, Senin (21/08/2023).sekitar pukul, 09.00 wib. 


Acara di buka dengan membacakan doa, dan menyatukan lagu Indonesia raya.lanjut acara mendengarkan narasumber 

Dr. Asmul Khairi, S.Pd, MM selaku Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut Jakarta yang diwakili oleh ibu Wa Ode Sam'ia, S.SiT, MM  dipodium, mengatakan Seperti yang kita ketahui bersama untuk menjadi poros maritim dunia dibutuhkan SDM yang profesional dalam menjalankan tugasnya karna itulah dibutuhkan pendidikan serta pelatihan ini menjadi seorang tenaga kerja bongkar muat yang sikap etika dan prilaku profesional. 


Lanjutnya ibu Ode sam'ia Melalui pelatihan dan pendidikan ini, diharapkan akan muncul sebuah lingkungan pelabuhan dan manejemen pengakuan yang efisien cepat tepan dan tentunya aman tujuan Diklat ini tentunya untuk membekali para anggota koperasi tkbm pelabuhan 

Untuk mengetahui sistem bongkar muat yang baik dan benar agar menjadi prinsip aman dipelabuhan terciptanya lingkungan zero insiden, maka dari itu diharapkan pada seluruh anggota tkbm akan dapat mengunakan kesempatan yang berbahagia ini dengan sebagai sebaiknya dan sungguh - sungguh karena nantinya akan ada uji sertifikasi kompetensi guna mengetahui seberapa besar ilmu yang difahami dari pendidikan dan pelatihan "  Ujar Sam'ia.


Merdi Loi. SE.MM.selaku kepala kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas lV Pangkalan Susu. 

Mengatakan,'Sebagai mana yang dicanangkan program pemerintah salah satunya adalah pembangunan sumberdaya manusia maka dalam hal tersebut,ini perlu dilakukan peningkatan kompetensi sumber daya manusia secara khusus kepada tkbm  pelabuhan guna mewujudkan penyesuaian standart Kopetensi bekerja dipelabuhan seperti yang diamanatkan dalam peraturan keputusan Mentri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No 298. Tahun 2020. tentang penetapan Standart Kopetensi Kerja Nasional Indonesia

Lanjut Merdi dalam ,kategori pengangkutan dan pergudangan golongan pokok - pokok pergudangan dan aktifitas penunjang angkutan pada jabatan tenaga kerja bongkar muat (tkbm) barang barang umum (general cargo) dan keputusan Mentri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 109 tahun 2021. 

Tentang pemberlakuan standart kopetensi kerja nasional indonesia, kategori pengangkutan dan pergudangan golongan golongan pokok pergudangan dan aktifitas penambangan Niang angkutan pada jabatan kerja, tenaga kerja bongkar muat (TKBM) barang barang umum (General cargo) serta surat direktur lalu lintas angkutan laut dirtjen Hubla Nomor AL 026/1/1 DA-2023 tangal 30 Januari 2023 perihal penyesuaian Standart Kopetensi Pekerja Pelabuhan. 

Koperasi tenaga kerja bongkar muat ( tkbm) merupakan sebuah wadah penyedia jasa tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan yang penuh kemandirian serta memiliki legal standing hukum dan sangat mempunyai peranan penting disetiap pelabuhan. 


Pelabuhan Pangkalan Susu memiliki wilayah kerja untuk menunjang oprasional Pltu Pangkalan susu dalam hal bongkar muat batu bara baik di STS maupun di Jetty "  ucap KSOP dalam pembukaan acara diklat.

Turut hadir tamu undangan," Camat Kecamatan Pangkalan Susu ,Kadis tenaga kerja Kabupaten Langkat, Kapolsek Pangkalan Susu Polsek Pangkalan Susu, Danramil 15 Pangkalan Susu dan danposal pangkalan susu,Senior manager PT. Indonesia Power Pltu di dampingi  Budi selalu humas Pltu Pangkalan Susu,. Manager PT, Pelayaran Bahtera Adhiguna Pangkalan Susu, Maneger cabang BUP PT. Adhiguna  Putra Pangkalan Susu, Ketua beserta jajaran pengurus koprasi TKBM Pangkalan Susu.(ERI)