Pelepasan Perdana Bank Sampah Bobah, Kadis Perkim LH : Manfaatkan Sampah Bernilai Ekonomis

5 Agustus 2023

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News - Dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) kabupaten Batu Bara, memang sudah beberapa bulan ini melakukan pembinaan kepada seluruh desa yang ada di kecamatan Tanjung Tiram maupun di kecamatan Nibung Hangus ada beberapa desa juga kita bina terkait dengan Bank Sampah.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Frans Sahala Fiter Batu Siregar  melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Farhansyah Sembiring dalam Store lauching Bank Sampah Bobah di tandai dengan Pelepasan Sampah Pertama Bank Sampah Bobah Desa Bogak, kecamatan Tanjung Tiram, Sabtu (05/08/2023).

“Jadi Bank Sampah ini bisa di setiap desa agar nantinya masyarakat yang ada di desa itu dapat manfaatkan sampahnya untuk bernilai ekonomis, “ sebutnya.

Lanjut Farhan mengatakan, yang mana sampah yang biasanya dibuang tidak bernilai hari ini melalui Bank Sampah, sampah yang bernilai ini menjadikan ada nilai ekonomisnya dan bisa ditukar dengan sembako.

“Memang baru ini kita lepas sampah untuk dijual kembali agar nantinya bernilai ekonomis. Kita sudah menyediakan bak ambrol di Desa Bogak agar nantinya bagi warga masyarakat Desa Bogak tidak susah lagi membuang sampah ke desa tetangga sebelah Desa Pahlawan, “ ungkap Farhan.

Sebelumnya Kepala Desa Bogak Fazzary Akbar Tanjung mengatakan, melalui program Pak Bupati Batu Bara yaitu Batu Bara Bersih dan Sehat, kita dari desa-desa total mendukung beliau agar semua desa ini kegiatan perubahan dalam bentuk kebersihan lingkungan.

Maka dari itu tujuan dari Bank Sampah Bobah ini agar masyarakat tidak bingung lagi sampah-sampah di kemanakan jadi sebagai salah satu alternatif masyarakat juga saat ini keterpurukan ekonomi, dimana laut  saat ini tak menghasilkan apa pun, inilah salah satu bagaimana kita memanfaatkan ibu-ibu dan atau masyarakat dalam cara menambah ekonominya, ucap Kades Bogak 

Saya berharap, dengan hadirnya Bank Sampah Bobah ini dapat perhatian khusus dari masyarakat desa Bogak terkhususnya agar mereka boleh menyadari bahwa kesannya lingkungan yang bersih dan sehat itu merupakan bagian dari tujuan dari Pemerintahan Desa Bogak.

“Jadi kami menginginkan masyarakat Bogak ini harus berbeda pola dan mensednya terhadap lingkungan ini. Bank Sampah Bobah itu merupakan singkatan dari Bogak Bahagia, “ tukas Fazzary.

Kagiatan itu turut dihadiri, Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI), Koordinator sampah Tanjung Tiram, para perangkat Desa Bogak dan lapisan masyarakat Desa Bogak.(j marbun)