KSOP Kelas lV Pangkalan Susu Sukses Merayakan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023

18 September 2023


 Pangkalan Susu |  Indonesia Berkibar News -Pegawai Kantor Syahbandar Kelas lV Pangkalan Susu (KSOP) menggelar upacara bendera memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2023 di lapangan bola kaki Teluk Aru Senin tanggal (18/09/2023).

Upacara dihadiri oleh seluruh insan perhubungan bersama Ibu-ibu DWP Perhubungan, Mitra Kerja dan para pegawai pensiunan perhubungan dan Forkopimcam Plus. 

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Harhubnas  adalah Kepala Ksop Kelas lV Pangkalan Susu Merdi Loi, SE, MM.,"dan diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat, serta paduan Suara ibu perhubungan laut dan ForKomcam plus Stakeholder Maritim. 


Tema Harhubnas Tahun 2023 adalah " Melaju untuk transportasi maju". tema ini dimaksudkan untuk menunjukan bagaimana para insan transportasi mampu terus bergerak secara 

Konsisten dalam kerja - kerja nyata, melakukan transformasi dan inovasisektor transportasi serta secara kolektif, menggelorakan semangat untuk melaju bersama demi mewujudkan tranfortasi maju Indonesia.

Inovasi dan pembangun infrasruktur transportasi dalam wujud modernisasi tersebut, tidak hanya kian mendorong Indonesia menjadi negara maju, juga berimplikasi kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, keselamatan dan pelayanan transportasi yang meningkat.

Saya menghimbau kepada seluruh jajaran kementrian perhubungan selaku regulator sektor transportasi agar dapat bekerja sama, berkolaborasi dan bersinergi secara optimal dengan para operator,steak holder dan mitra kerja serta pemerintah daerah.


Kerja sama sangat dibutuhkan untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat ,sebab transportasi yang andal, efisien dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Sesuai makna hari perhubungan Nasional sebagai hari bakti lnsan transportasi kepada Negri, makan sejumlah kegiatan telah disiapkan dan diikuti oleh seluruh elemen transportasi, baik pemerintah, oprator,stakeholder, mitra kerja dan masyarakat.

Saya menyampaikan apresiasi setingi tingginya. kepada seluruh lnsan Transportasi, bukan hanya karena telah turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan tersebut. utama karena telah berdedikasi dan berkarya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


Sayapun berterima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk pembangunan tranportasi di lndonesia. 

Perjalanan kita membangun bangsa ini masih sangat panjang,kedepan kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat masing samangat dibutuhkan, kontribusi yang besar disektor transportasi tersebut juga menjadi bagian dari perwujudan nilai nilai kebangsaan yaitu cinta tanah air dan bangsa serta kerja sama sosial.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, selamat hari Perhubungan Nasional tahun 2023, mari ikuti dengan sepenuh hati sehinga dapat memperteguh semangat dan bakti yang tak terhenti untuk ibu Pertiwi. 

Semoga langkah kita senantiasa mendapat ridho Allah Tuhan pencipta alam, sekian dan trimakasih wasalamualakum warhmatullahi wabaratuh,

Melaju Untuk Transportasi 


Maju, diharapkan menjadi spirit kebangkitan jasa transportasi setelah, duduk bersama, saling bahu membahu menciptakan 

Kebangkitan transportasi yang jauh lebih baik lagi di masa mendatang,” demikian sambutan yang dibacakan oleh Kepala Syahbandar Merdi Loi.

Lanjut Merdi Loi Hari Perhubungan Nasional adalah hari jadi atau hari bakti dari setiap organisasi atau lembaga sektor perhubungan. Peringatan Harhubnas ini didasarkan Pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971, dan memiliki 3 (tiga) tujuan utama, yaitu:

1. Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya.

2. Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik.

3. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan.

Hari Perhubungan Nasional memiliki makna yang mendalam bagi insan transportasi untuk melakukan instrospeksi atas Pelaksanaan tugas di sektor Perhubungan. Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali apa yang telah dikontribusikan untuk bangsa dan negara, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor .

Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, selain itu merupakan momentum segenap insan perhubungan untuk terus berkarya dan bekerja bersama 

Membangun bangsa, sejalan dengan tujuan pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti tercantum dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945,tutup Merdi Lio.

Peringatan Harhubnas selain diisi dengan upacara Dilanjutkan,"KSOP menyerahkan sertifikat kopetensi kepada anggota.

TKBM (tenaga bongkar muat pelabuhan) dan menyerahkan piagam/tropi kepada pemenang beberapa cabang olah raga, termasuk pemenang merakit miniatur kapal. 


Setelah selesai acara, seluruh pegawai KSOP photo barsama dan menyerahkan bantuan berupa kipas angin tempat duduk kursi plastik kepada yayasan TK Ummi. (ERI)