Pelaku UMKM Kerang Kering Di Batubara Ikuti Pelatihan

10 September 2023

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -Guna membangun strategi pengemasan (packing product) serta strategi penjualan pada platfon marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Facebook, Instragam, dan lain sebagainya, Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP USU) mengadakan pelatihan bagi pelaku UMKM Kerang Kering Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjungtiram, Kabupaten Batubara, Minggu (10/09/2023).

Kegiatan pengabdian dan pelatihan ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan. Dimulai dari membantu pengurusan izin usaha, packing product, pemasaran, serta peningkatan kualitas produk.

Sedangkan di sisi perizinan usaha dan paking produk, tim pengabdian bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Batubara.

Ketua pelaksana kegiatan pengabdian, sekaligus Dosen FISIP USU, Adil Arifin, S.Sos, MA, sangat mengapresisasi kegiatan pemberdayaan masyarakat ini.

Selain itu juga menghadirkan para pakar di bidangnya untuk menyampaikan materi bagi pelaku UMKM. Adapun pemateri terdiri Suci Rahmadani, S.IP., M.IP, yang telah banyak menyampaikan maupun menggagas berbagai hal terkait UMKM.

Antusiasme masyarakat sangat besar sebab mereka merasa terbantu dengan adanya pengabdian yang dilakukan sekaligus pemberian alat untuk produksi kepada pelaku UMKM yang dilakukan pendampingan.

Sesi diskusi dan tanya jawab berlangsung selama proses penyampaian materi dan di akhiri dengan foto bersama.(j marbun)