Rutan Kelas I Medan Kumham Sumut Lakukan Pemberian dan Pengawasan Makan Bagi WBK Penderita TBC

4 Oktober 2023

  


Medan | Indonesia Berkibar News  - Dalam rangka menekan angka penularan Tuberkolosis (TBC) Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut lakukan Pemberian & Pengawasan Makan Obat Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Penderita TBC, Rabu (04/10/2023).

Bertempat di Paviliun Gajah Mada Kamar Isolasi 1/9, Tim Medis Rutan Kelas I Medan yang dipimpin oleh dr. Sherly Saragih, memberikan dan sekaligus mengawasi makan obat, bagi 70 Orang Warga Binaan yang terindikasi menderita TBC.

“Pemberian dan pengawasan makan obat, bagi WBP Penderita TBC Paru Positive, hasil skrining TBC dengan Metode ACF x-Ray dan pemeriksaan TCM (Test Cepat Molekuler), jumlah WBP yang sudah diberi Obat, sebanyak 70 Orang,” ujar dr Sherly Saragih.

Selain pemberian Obat TBC, juga diberikan vitamin dan susu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh Penderita TBC tersebut. Pemberian dan pengawasan makan obat ini dilakukan setiap hari, oleh Petugas Medis Rutan Kelas I Medan.

Dengan disiplin makan obat, diharapkan meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian, dengan demikian terungkap Slogan TOS (Temukan Obat Sampai Sembuh).(zul)