Tingkatkan SDM, Pemkab Batubara Jalin MoU Di Bidang Pendidikan

13 September 2023

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News - Pemerintah Kabupaten Batubara melakukan kerjasama dengan Universitas Dharmawangsa yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum, Tanjunggading, Kecamatan Seisuka, Rabu (13/09/2023).

 Penandatanganan MoU dalam rangka meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan ini dilakukan Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP., dan Rektor Universitas Dharmawangsa Dr. Zamakhsyari, disaksikan Asisten I Setdakab Batubara Rusian Heri dan beberapa Kepala OPD.

Rektor Universitas Dharmawangsa menegaskan, melalui kerjasama ini diharapkan program-program pendidikan di universitasnya bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Batubara, seperti kerjasama dalam hal penelitian. “Di sini setiap semester ada dana untuk penelitian bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara,” terang Zamakhsyari.

Bupati Ir. H. Zahir, M.AP mengatakan, Pemkab Batubara membuka seluas-luasnya kepada Universitas-universitas untuk menjalin kerjasama di Bidang Pendidikan.

MoU pengembangan SDM ini lanjut Zahir sangat membantu masyarakat khususnya anak-anak daerah ketika ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT) akan diberikan diskon biaya kuliah 50%.

“Hal ini tidak menutup kemungkinan jika jumlah mahasiswa asal Kabupaten Batubara bertambah banyak kuliah di Universitas Dharmawangsa,” ujarnya.

Bupati Zahir mengungkapkan, kualitas SDM sangat penting karena Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang baik. “Ada tambang, timah dan nikel. Sesuai dengan instruksi presiden, ke depan kita harus ada hilirisasi produk dan hilirisasi SDA, maka diperlukan sebuah teknologi dan SDM. Ini digabung menjadi sebuah produk yang bisa dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan,” terangnya.(j marbun)