Pj Gubsu Hasanuddin: Apresiasi Kinerja Kepala Perwakilan Bi Sumut IGP Wira Kusuma

21 Desember 2023

 


Medan | Indonesia Berkibar News - Pj Gubsu Hasanuddin  Apresiasi Kinerja Kepala Perwakilan Bi Sumut IGP Wira Kusuma  dalam upaya menekan Inflasi Sumut dan membantu UKM Sumut dalam mengembangkan Usahanya.

Hal ini disampaikan PJ Gubsu Hasanuddin, Kepala Perwakilan Bank Indonesi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) IGD Wira Kusuma, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Forkominda Sumut, Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang, Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, dalam rapat  Tim Pengedalian Inflasi Daerah (TPID) di kantor Gubsu lantai 2, Kamis (21/12/2023). 

"Kepedulian BI Perwakilan Sumut sangat saya apresiasi, kalau ia Pimpinan SKPD pasti kunaikkan Jabatannya,tapi karena Perwakilan BI  saya tidak bisa berbuat apa-apa, apalagi BI Sumut memberikan bibit Cabai,saya apresiasi sekali," papar Pj Gubsu.

Jadi memang kita harus bersama sama untuk menjaga stabilitas harga. Kecukupan pasokan dalam menjaga stabilitas harga itu kunci utama untuk memastikannya kesejahteraan masyarakat, ungkap Pj Gubsu.

"Kita akan melakukan kordinasi antar wilayah untuk memastikan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok.Lakukan komunikasi kepada Masyarakat secara transparan baik mengenai upaya dijalankan pemerintah dan mengimbau untuk belanja secara bijak. Inflasi ini harus dijaga bersama," harap Pj Gubsu.

Selanjutnya banyak tantangan mengenai inflasi di Sumut. Diantaranya tantangan ketidakpastian geopolitik global, dalam pasokan dan peningkatan harga komoditas di pasar global.Selain itu, kita juga akan melakukan upaya pengendalian inflasi tahun 2024 dan gerakan pangan murah. Program kerja TPID tahun depan harus lebih baik, ungkap Pj Gubsu.

"Saya mengajak agar Wali Kota dan Bupati serta OPD  untuk segera mengikuti arahan dari Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo pada Rakornas Kepala Daerah se Indonesia tahun 2023," ungkap Pj Gubsu.

Kita manfaatkan APBD untuk mengendalikan Inflasi melalui intervensi pasar untuk mengurangi gejolak harga komoditas pangan terutang beras serta penguatan cadangan pangan Daerah dan penyalurannya, harap Pj Gubsu.

KPw BI Sumut) IGD Wira Kusuma mengatakan BI Sumut terus berupaya menekan Inflasi Sumut  dan mendorong UKM Sumut bersinerji dalam usahnya.

" Para Petani juga kita dorong dalam pemanfaatan lahan dan memberikan bantuan bibit cabai,agar pasukan cabai merah bisa memenuhi kuota dibutuhkan Sumut," papar IGD Wira Kusuma.

Selanjutnya faktor inflasi bisa juga disebabkan oleh cuaca. Namun, semua steakholder harus bersinergi.Jadi semua steakholder harus berkolaborasi untuk menekan inflasi Daerah, ungkap IGD Wira Kusuma.

Komponen yang mengalami inflasi harga diatas rata rata adalah beras dan cabai.Beras dan cabe merah dua komponen ini akan menjadi penyumbang inflasi sampai dengan Desember ini, ujar IGD Wira Kusuma.

"Inflasi terjadi dikarenakan turunnya stok dan adanya ketergantungan pasokan dari beberapa Daerah.Jadi, untuk mencegah inflasi itu. Seluruh steakholder harus saling berkomunikasi. Bahkan, pasae murah yang dilakukan Pemerintah Daerah juga dapat mencegah inflasi," harap IGD Wira Kusuma.(torong)