Bupati-Ketua PKK Tapsel Panen Perdana Bawang Merah Bersama PLTA Batang Toru

7 Februari 2024

 


Tapsel  | Indonesia Berkibar News -Bupati dan Ketua TP PKK Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu serta Rosalina melakukan panen perdana bawang merah bersama PLTA Batangtoru di Kecamatan Marancar di kabupaten tersebut.

Komoditas bawang yang di panen di atas lahan "demonstration plot" (demplot) Kelompok Tani Lestari di Desa Simaninggir dan Kelompok Tani Dos Niroha, Desa Gunung Binanga, Kecamatan Marancar, Rabu (07/02/2024).

Bupati Tapsel menyambut baik kedua kelompok tani yang telah membudidayakan bawang merah berkat kolaborasi Dinas Pertanian Tapsel dan PLTA Batangtoru tersebut.

"Saya mengapresiasi PLTA Batangtoru yang dikelola PT PT North Sumatera Hydro Energi (NSHE) juga petugas Dinas Pertanian yang terlibat. Semoga program seperti ini terus dilanjutkan," kata Bupati.

Menurut Dolly, potensi budi daya hortikultura khusus varietas bawang merah sangat menjanjikan di Tapsel khususnya di Marancar dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Ketua TP PKK Tapsel juga berharap agar lahan-lahan tidur yang ada di Tapsel khususnya di Kecamatan Marancar bisa dikembangkan dengan berbagai varian komoditi pertanian seperti bawang merah dan lainnya.

"Mudah-mudahan panen perdana bawang merah ini dapat memberikan manfaat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di wilayah ini," ujar Rosalina.

Sementara Manajer Sosial Komunikasi NSHE, Arie Dedy, mengatakan budi daya bawang merah bagian dari program "demplot" PLTA Batangtoru di sekitar area kerja mereka.

"Tidak saja perhatian terhadap kedua kelompok tani Lestari dan Dos Niroha tersebut, manajemen PLTA Batangtoru juga sangat peduli pada bidang sosial sosial lain seperti lingkungan," tutur Arie.

Sementara Plt Kadis Pertanian Tapsel Henry H, menyebut bahwa setiap kelompok tani budi daya bawang merah ini beranggota lebih kurang 25 orang. Hasil panen perdana bawang merah ini rata-rata per keluarga mendapat 150 kilogram.

Kepala Desa Simaninggir Paris Siregar pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab (Bupati) Tapsel juga PLTA Batangtoru yang perhatian kepada masyarakat petani di daerahnya.

Camat Marancar Rosnanni Pasaribu juga hadir di acara ini. Dia juga tidak lupa mengapresiasi kehadiran Bupati Tapsel bersama Isteri di panen perdana bawang merah di dua kelompok tani tersebut.(Ahmad)