Ksop Pangkalan Susu Menggandeng Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Mengadakan Diklat Dmp Kapal Niaga. Bst, Aff, Sat, Sdsd

26 Maret 2024

 


Pangkalan Susu | Indonesia Berkibar News 
- Sejumlah (150 ) Orang Peserta dari berbagai daerah, diantaranya pangkalan susu,pangkalan brandan, tanjung Pura, belawan, medan, stabat dan sibolga, mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kapal Niaga Basic Training( BST, AFF, SAT, SDSD) di gedung PT. PLN Indonesia Power PGU Pangkalan Susu,Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.Pada Selasa (26/03/2023) sekira Pukul 09:00 WiB.

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut, dimulai dari tanggal 25 sampai 30 yang merupakan kerjasama Politeknik Pelayaran Sumatera Barat dengan KSOP Kelas IV Pangkalan Susu dan didukung Porkofincam Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.

Acara di awali bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya,di lanjutkan kata sambutan dari Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Dr. H. Irwan SH. M. Mar. E."bagi para peserta dalam Diklat ini banyak sekali pembelajaran, diantara Pemadam kebakaran, Dipelayaran Ada Kors adanamanya kelasi, Jurumudi, Perwira dan ada Nahkoda.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur Kehadirat allah SWT Tuhan yang Maha Esa, karna atas rahmatnya jualah kita dapat 

Melaksanakan pembukaan diklat pemberdayaan masyarakat yaitu diklat basic Safety training yang digunakan laksanakan di Kecamatan pangkalan susu provinsi Sumatera utara.

Saudara-saudara sekalian,

Sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 51 tahun 2012 tentang SDM di bidang transportasi dan peraturan materi perhubungan Republik Indonesia nomor PM 63 tahun 2018 tentang Perubahan atas peraturan materi perhubungan nomor KM 84 tahun 2009 tentang tata cara pemberian bantuan pendidikan dan pelatihan serta beasiswa di bidang transportasi. 

Diklat pemberdayaan masyarakat ini merupakan salah satu program unggulan kementerian perhubungan yang merupakan bentuk Konkrit dari nawacita. 

Setelah sukses menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat gratis pada tahun 2019 lalu, kementerian perhubungan trus melanjuti program pemberdayaan masyarakat. 

Melalui program DPM ini pemerintah berubah meningkatkan kopotensi, proporsionalitas, disiplin, tangung Jawab dan integritas serta kualitas sumber daya manusia yang di butuhkan dalam 

Penyelenggaraan transportasi dengan tujuan terwujunya penyelenggaraan transportasi yang selamat teratur, lancar, tertib, nyaman, aman dan efesien, serta 

Menjadikan lebih banyak masyarakat Indonesia yang produktif dan memiliki daya saing tinggi sehingga mampu mewujudkan kemandirian ekonomi khususnya di Sumatra utara. 

Untuk itu, peran aktif dengan semangat dan di siplin tinggi saudara-saudara dalam waktu yang singkat ini untuk mengikuti pelajaran, sangat di perlukan demi 

Keberhasilan pendidikan dan pelatih ini, dan pemerintah melalui politenik perlayaran Sumatera Barat berharap besar apa yang saudara- saudara dapat kan saat pelaksanaan diklat, dapat nantinya para perserta implementasikan dalam penerapan di lapangan sehingga terima SDM transportasi yang kompeten. Ungkap Hasri.

Dilanjutkan kata sambutan dari Ka.KSOP Kelas lV Pangkalan Susu Merdi Loi. SE. MM. mengatakan, Pada Pembukaan pendaftaran begitu antusiasnya anemo dari masyarakat, semoga kegiatan Diklat ini menjadi kesinambungan,dan dengan secara Kalaborasi dengan pihak pihak Stakelhorder untuk peserta bisa. 

Mendapatkan selanjunya  Sertifikat Rentin setidak nya bisa menjadi Jurumudi dikapal, dan sehingga dapat membantu masyarakat untuk membaktikan ekonomi."Ucapnya.

Bapak dan ibu para perserta yang kami banggakan dan kami Hormati, secara khusus dengan memberikan pelajaran diklat secara gratis kepada bapak dan ibu dengan kuota (150) orang perserta.

Dan bapak dan ibu merasa bersyukur karena program ini menjadi trobosan baru bagi bapak dan ibu menjadi perserta bila mana nanti memiliki legalitas nanti dinyatakan oleh,

Politeknik Sumatera Barat, "lulus dalam tingkat ini, bapak dan ibu berhak mendapatkan 4 sertipikat yaitu BST, AFF, SAT dan SD SD. "Sudah menjadi modal bapak/ibu, untuk mengurus 3 sertipikat lagi bapak / ibu dan bisa melamar pekerjaan kapal niaga dan kapal kargo dan di kapal penumpang pun bisa.Ucapnya.

"Maka dari itu, saya mengucapkan terimakasih kasih sedalam - dalamnya, kepada menteri Dinas Perhubungan dan Politeknik Sumatera Barat berserta tim  yang telah membantu warga Pangkalan susu 

Mengadakan Diklat gratis,kalau bapak dan ibu pribadi mengurus sertipikat ini biaya sendiri berkisaran 8 juta mengurus empat sertipikat ini, maka dari itu bapak dan ibu bersyukur dapat ikut sebagai peserta Diklat ini.

Oleh karena itu manfaatkan sebaik baiknya dan ikuti dengan disiplin agar segala materi pembelajaran dan bimbingan yang di berikan dapat bermanfaat untuk bapak dan ibu sebagai peserta Diklat ini,dan mengucapkan kalau ada kata yang salah saya pribadi memohon maaf yang sebesar - besarnya kepada perserta dan tamu undangan,Ucapnya.

Camat Pangkalan Susu Agung Tritantyo, S. STP. M. Ap Dalam kata sambutanya yang diwakili Kasi PEM Muhamad Yandra Sfiadi mengatakan, Upaya pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan pendidikan dan pelatihan secara Gratis kepada masyarakat.

Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah tersebut dan sebagai upaya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat umum. tentunya diharapkan dapat memberikan manfaat tidak hanya menambah ilmu pengetahuan dan sertipikat tetapi juga dapat membantu menjadikan masyarakat pekerja kapal niaga. 

Sebelum  mengakhiri ucapanya camat Pangkalan susu mengucapakan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada KSOP pangkalan susu, yang tidak bosan - bosan ya membatu warga pangkalan susu dan Sekaligus Membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kapal Niaga Basic Training( BST, AFF, SAT, SDSD) tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Wearpack untuk para peserta beserta penyerahan Plakat dari Kantor KSOP kelas lV pangkalan susu ke Politeknik Sumatera Barat dan di tutup foto bersama.


Turut hadir tamu undangan 

1.Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat.

2.Bapak Camat Pangkalan Susu. 

3.Kapolsek Pangkalan Susu. Diwakili AiPTU Amirul Islan.

4.Danramil Pangkalan Susu Diwakili SERDA M.Hafiz.

5.Danposal AL. Pangkalan Susu

6.Ka.Karangtina Kesehatan Pangkalan Susu.

7.Ka.KSOP Pangkalan Susu

8.Senior Manager PT. PLN.Indonesia Power PGU Pangkalan Susu yang di wakilkan oleh Hendrik amat purba dan Muhamad Budi Setiawan(ERI)