Bupati Tapsel Katakan Zakat Bermanfaat Membantu Masyarakat

24 April 2024

 


Tapsel | Indonesia Berkibar News - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu tegas mengatakan zakat sangat penting. Sumber zakat cukup bermanfaat untuk bisa membantu masyarakat.

"Zakat penting bagi umat Islam," kata Bupati diacara sosialisasi optimalisasi zakat, infaq, sedekah di Aila Sarasi, Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Rabu(24/04/2024)

Berzakat, menurut Bupati, menjadi salah satu kewajiban umat muslim. Karena bagian dari rukun Islam. Juga banyak keutamaannya.

"Keutamaan itu untuk membersihkan harta dari hak orang lain sesuai dalam Al Quran. Membersihkan atau menyucikan harta. Karena, di dalam harta kita ada hak orang miskin yang harus dikeluarkan," kata Dolly.

"Oleh karena itu kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tapsel untuk rajin berzakat dengan menyalurkannya di wilayah ini. Tak ada satupun agama yang melarang untuk berbagi," ujarnya.

Meski juga bagi agama yang di luar muslim, Bupati juga untuk dapat berbagi (bersedekah) dari harta dan penghasilannya secara sukarela untuk saling berbagi bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Sebaliknya bagi masyarakat penerima zakat maupun infaq dan sedekah agar tidak berpangku tangan tetapi terus berusaha. Semoga suatu saat dari yang selama ini menerima menjadi pemberi zakat," harapnya.

Acara sosialisasi zakat dengan pesertanya pimpinan organisasi  perangkat daerah (OPD), Forkopimcam, Camat, Lurah, dan tenaga pengajar di Tapsel ini  wilayah ini, hadir juga Sekda Tapsel Sofyan Adil, Staf Ahli Bupati Tapsel Bidang Kemasyarakatan, Ibnus salam.(Ahmad)