KSOP Kelas IV Pangkalan Susu Bersama Stek Holder menggelar Kesiapan Posko Penyelenggaraan Angkautan Laut lebaran Tahun 2024

4 April 2024

 


Pangkalan Susu | Indonesia Berkibar News - Kementerian Perhubungan cq Jenderal Perhubungan Laut melalui KSOP Kelas IV Pangkalan susu,'melaksanakan Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran (1445 H) " Kamis (04 /04/2024),

Acara ini dihadiri oleh pejabat terkait dan stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan angkutan laut pada masa lebaran.

Dalam acara ini,Camat Pangkalan Susu Agung Tritantyo,S.STP,M.AP Sebagai Inspektur upacara menyampaikan arahan pentingnya menjaga keselamatan dan kelancaran angkutan laut dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

"Setiap tahunnya, jumlah penumpang yang menggunakan transportasi laut meningkat secara signifikan, terutama di daerah kepulauan yang hanya memiliki sarana.Transportasi laut sebagai pilihan utama. Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat pada saat musim mudik," ujarnya saat memimpin apel yang berlangsung di dermagaTPI  Kecamatan Pangkalan Susu. 


KSOP  Pangkalan Susu Merdi Loi.MM," di dampingi steak holder mengatakan kepada juru mudi angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan penumpang.  

"Lanjut Merdi Seluruh jajaran Perhubungan Laut dan stakeholder terkait lainnya diminta untuk memastikan keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta kesehatan penumpang, awak boat, dan petugas pelabuhan," tegasnya.

Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui KSOP Pkl. Susu telah menyiapkan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran.

Koordinasi dan pengawasan selama musim angkutan lebaran. Posko ini dimulai pada 4 April dan sampai tanggal 26 April 2024," dan akan beroperasi selama 24 jam untuk memantau kondisi keamanan dan keselamatan pelayaran laut pada periode mudik dan balik lebaran. 

"KSOP mengajak seluruh masyarakat untuk memilih angkutan laut yang aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan mudik pada musim lebaran tahun 20234" ujarnya. 

Selanjutnya, pada kesempatan ini Merdi Leo minta kepada seluruh jajaranya termasuk para petugas Posko untuk dapat menjalankan tugas ini dengan dengan penuh rasa  tanggung jawab, ikhlas dan sungguh-sungguh serta melaporkan perkembangannya setiap hari,pungkasnya.


Acara di lanjutkan KSOP Pangkalan Susu membagikan laif jaket kepada seluruh juru mudi boat yang ada di dermaga TPI. (ERI)