MTQ Ke-56 Tapsel Ditutup. ini Kecamatan Peraih Juara Umum

28 April 2024

 


Tapsel | Indonesia Berkibar News - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-56 Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tauun 2024 ditutup oleh Bupati Dolly Pasaribu. Kecamatan Muara Batang Toru berhasil Juara Umum sekaligus membawa pulang tropi bergilir.

Ribuan masyarakat dari berbagai pelosok desa  memadati acara penutupan MTQ digelar di lapangan sepak bola  Patuan Muda Parlindungan, Desa Tolang, Kecamatan Sipirok, pada Minggu (28/04/2024) malam.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu memberikan selamat kepada para juara namun  tidak terus berpuas diri, tetapi terus berlatih meningkatkan kualitas. Kepada yang belum berhasil juga terus berlatih karena  kekalahan merupakan kemenangan yang tertunda.

"Terima kasih juga kepada seluruh pihak khususnya tuan rumah yakni Kecamatan Sipirok   yang terlibat dan mendukung sehingga pelaksanaan MTQ Ke-56 ini berjalan sukses dan kondusif sesuai yang diharapkan," ucap Bupati.

Dia juga menyinggung selama MTQ mulai 26 hingga 28 April 2024, terjadi transaksi UMKM sebesar Rp598.660.000. Artinya, tidak saja ajang lomba, tetapi terjadi pergerakan ekonomi yang signifikan selama MTQ.

Lebih jauh Bupati berharap kepada para yang juara untuk mempersiapkan diri dengan matang dalam rangka evaluasi dan berbenah menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada 1 - 10 Juni 2024, Tapsel.

Senada apa yang sampaikan Ketua DPRD Tapsel Abdul Basith Dalimunthe, selain mengucapkan selamat, dia juga berharap juara dapat dipertahankan sehingga membawa nama harum daerah bahkan hingga tingkat nasional.

 Sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Panitia Hamdan Zen dalam laporannya menyampaikan ada tujuh paket umrah yang akan di berikan kepada qari dan qariah terbaik.

Yakni tiga paket umrah dari Bupati Tapsel, satu paket umrah dari PT Bank Sumut Cabang Sipirok, satu paket umrah dari PT Agincourt Resources (AR), satu paket umrah dari PT ANJ, dan 1 paket umrah dari PT NSHE.

Tiket umrah tersebut diberikan kepada Hasan Marzuki Tambunan terbaik I tafsir quran bahasa Indonesia putra asal Kecamatan Muara Batang Toru, kemudian Mubarik Ritonga, terbaik I mujawwid remaja putra asal Kecamatan Sipirok.

Lalu kepada Ayu Alda Rafiah Sihombing, terbaik I qiraatul kutub ulya lughah putri asal Kecamatan Marancar, kemudian Hairil Hutabarat terbaik I hifzil quran 10 juz putra asal Kecamatan Angkola Barat, dan Saimi Putri Daulay terbaik I hifzil hadist 100 hadist putri asal Kecamatan Muara Batang Toru. Dan dua kepada dewan hakim Ainul Bahri Pohan dan Syah Iran Sy Harahap.

Sebagai Juara Umum Kecamatan Muara Batang Toru, Juara II Kecamatan Sayur Matinggi, dan Juara III Kecamatan Angkola Timur. Di samping ada 193 peserta terbaik dari berbagai bidang mendapat hadiah.

Untuk Musabaqah Qira'atul Kutub Kecamatan Sayur Matinggi Juara I, disusul Kecamatan Angkola Barat Jara II, dan Kecamatan Batang Angkola Juara III. Dan seluruh juara berhak atas piala dan hadiah lainnya.(Ahmad)