Pilkada Pelalawan Ramai, Calon Dari ASN Muncul

22 April 2024

 


Pelalawan | Indonesia Berkibar News - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, mulai memanas. Disejumlah daerah di provinsi Riau mulai bermunculan nama-nama bakal calon bupati maupun walikota. 

Demikian juga halnya dengan Kabupaten Pelalawan, beberapa partai telah mulai membuka penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) maupun Wakil Bupati (Bacawabup).

Di Kabupaten Pelalawan, beredar isu di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), bakal ada calon bupati maupun wakil bupati yang siap bertarung di pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Salah seorang ASN yang enggan menyebutkan namanya dan mempunyai jabatan Kepala Bidang (Kabid) disalah satu Organissi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintahan Kabupaten Pelalawan saat ditemui disebuah kantin perkantoran, Senin (22/04/2024), menyebutkan bakal ada salah seorang putra terbaik dari kalangan ASN yang akan ikut dalam pilkada Kabupaten Pelalawan.

"Isu tersebut sudah meluas, hanya kita belum berani sebut siapa orang nya bang," ujarnya dengan tertawa.

Masih kata Ia lagi, ASN itu masih dalam posisi aktif dan mempunyai jabatan di pemerintahan sehingga layak untuk maju dalam pilkada tahun 2024 ini.

"Masih aktif bang, dan mempunyai jabatan sehingga layak untuk ikut bertarung dalam pilkada ini,"terangnya.

Setelah media ini mencoba menelusuri siapa sosok yang beredar dikalangan ASN tersebut, mendapati pejabat tersebut memang layak untuk ikut bertarung dalam pilkada ini. 

Sekretaris LSM Penjara Kabupaten Pelalawan Anthon Mandala saat diminta tanggapannya terkait adanya calon ASN yang akan bertarung dalam Pilkada tahun 2024 ini menyebutkan, untuk ASN yang saat ini masih terikat dengan kedinasan sebagai seorang aparatur tentunya harus menjalani proses yang panjang dalam menyelesaikan pendaftaran.

"Kalaupun nanti betul-betul akan maju tentu membutuhkan proses yang panjang seperti harus mendapatkan izin dari pimpinan di atasnya serta surat pengunduran diri seusai ditetapkan jadi calon,”ujarnya.

Terkait dengan adanya Bacabup maupun Bacawabup dari kalangan ASN, Sekretaris LSM yang cukup dikenal warga dan dilingkungan pemerintahan ini menyampaikan dan sangat mengapresiasi serta berharap kedepannya ini dapat menjadi kolaborasi yang baik untuk diterapkan.

"Kolaborasi antara politisi dan eksekutif dapat membatasi kekuasaan yang terlalu luas, terutama dalam penempatan pejabat dan bantuan pemerintah sehingga ini sangat kita dukung,"jelasnya.

Namun untuk nama calon dari ASN tersebut, Anthon Mandala yang juga merupakan tokoh pemuda dan pimpinan di beberapa organisasi massa menyebutkan tidak begitu mengetahui siapa ASN yang siap bertarung di Pilkada tahun 2024 ini.

"Memang ada beberapa nama yang layak, hanya apakah mereka siap untuk maju itu yang menjadi pertanyaan," katanya mengakhiri. (ton)