Pemkot Padangsidimpuan peringati Harkitnas 116

20 Mei 2024

 


Padangsidimpuan | Indonesia Berkibar News - Pemerintah Kota (Pemkot) Padangsidimpuan memperingati dan melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116 Kota Padangsidimpuan di stadion H.M Nurdin Padangsidimpuan, Senin (20/05/2024).

Dalam Amanat Inspektur upacara, Dandim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi.

"Sejarah panjang perjalanan telah dilalui bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Kelahiran organisasi Budi Utomo menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang pada masanya, dr. Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain."

Karenanya lanjut dia, peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116, tanggal 20 Mei 2024 sangat relevan jika dimaknai dengan situasi kondisi saat ini.

"Kita berada dalam situasi pascapesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Hajat demokrasi tersebut tak dapat dipungkiri telah mengoyak banyak sendi-sendi vital persaudaraan kita sebagai anak bangsa."

Pemicunya adalah ketidakdewasaan berdemokrasi dan pengesampingan semangat persatuan demi tujuan sesaat. Buntutnya, muncullah fitnah, kabar bohong, dan kabar kebencian dengan tujuan memenangkan kepentingan masing-masing.

Di tambahkannya, telah 116 tahun Indonesia bangkit untuk membina persatuan bangsa yang menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa. Dalam situasi masyarakat Indonesia yang beragam bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang termasuk ke dalam salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita bisa membuktikan bahwa Indonesia mampu menjaga persatuan.

"Oleh sebab itu, kita perlu bangkit dan bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu Bangkit menuju Indonesia Emas," jelasnya.

Dengan semua harapan tersebut ucapnya, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional "ke-116" ini disematkan tema "BANGKIT UNTUK INDONESIA EMAS".

"Tujuan peringatan 116 tahun ini adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,"(Ahmad)