Satpol PP Provsu Selenggarakan Bimtek Optimalisasi Tugas-Tugas dan Peranan Satgas Linmas

28 Mei 2024


Paluta | Indonesia Berkibar News -
Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Optimalisasi Tugas-Tugas dan Peranan Satgas Linmas Kab/Kota Kecamatan dengan Satlinmas Desaaan/Kelurahan Se-Sumut dalam Rangka Penyelengaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Wali Kota se-Sumatera Utara Tahun 2024 yang diikuti 50 orang Personel Satpol PP-Linams, di Aula Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Selasa (28/05/2024).

Hadir dalam bimtek Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., diwakili Asisten I Syarifuddin Harahap, S.Sos., MM., Kasatpol PP Provinsi Sumut M. Mahfullah Pratama, Kasatpol PP Padang Lawas Utara Indra Saputra Nasution, Komisioner KPU Padang Lawas Utara Wiga Haryadi, Ketua Bawaslu Padang Lawas Utara Panggabean, SH., MH., serta Personel Satpol PP-Linmas Sumut dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Asisten I Syarifuddin Harahap, S.Sos., MM., dalam sambutannya menyampaikan, bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kompetensi dan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Satpol PP, Trantib dan Sat Linmas di tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan dan desa tentang Pemahaman Tahapan serta Batasan Aturan Perundang-undangan dalam Pengamanan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

“Melalui bimtek ini diharapkan seluruh personel Satpol PP dan Sat Linmas di Kabupaten Padang Lawas Utara mendapat wawasan dan pengetahuan tentang juknis sebagai bentuk kesiapan menghadapi pelaksanaan pilkada yang akan digelar 27 November 2024, sesuai aturan yang berlaku,” ujar beliau.

Senada, Kasatpol PP Padang Lawas Utara Indra Saputra Nasution dalam sambutannya berharap dengan bimtek ini personel Satpol PP dan Sat Linmas menjadi lebih berkualitas, sehingga dapat mengedepankan sikap netral saat menjalankan tugas pada pilkada 2024.

“Melalui bimtek ini, kami optimis semua personel Satpol PP dan Sat Linmas menjadi lebih berkualitas, efektif, efisien juga berdedikasi tinggi serta bisa menjaga netralitas, demi menjaga jalannya pesta demokrasi pilkada terlaksana dengan aman dan lancar,” tutur beliau.

Diakhir acara, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumatera Utara menyerahkan bantuan sarana dan prasarana serta seragam linmas 20 pasang kepada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Padang Lawas Utara.⁣(Taufik Hrp/torong)