Kenduri Sawah, Tradisi Petani Desa Pulau Sembilan Sekaligus Mendoakan Penanaman Padi Bebas dari Hama.

2 Juni 2024

 


Pangkalan Susu | Indonesia Berkibar News - Ketua Gapoktan Pematang Samudera Belian bersama kelompok tani dan Pemerintah  Desa Pulau Sembilan melaksanakan kenduri sawah,"Di dusun lll Desa Pulau Sembilan Kecamatan Pangkalan susu Kabupaten Langkat.

Sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus memohon keberkahan dari allah Subhanahu WaTa'ala, dari hasil panen padi yang akan ditaman di sawah agar hasilnya berlimpah. 

Dalam acara kenduri Sawah Turut hadir Kepala Desa Pulau Sembilan Arifinsum. Koptu Adi Syahputra Babinsa Koramil 15/ PS Kodim 0203 Langkat.Kordinator PPL Pertanian Pangkalan susu Musfa Indra.BPD,LPMD. Tokoh Masyarakat.para kaur pemerintahan desa, Para Kepala Dusun,Ketua Gapoktan Pematang Samudera beserta10 Kelompok Tani Desa Pulau Sembilan.

Acara diawali dengan pembacaan doa bersama dibawa Oleh Salah satu Tokoh agama memohon agar mendapatkan keberkahan. Seterusnya dilakukan penepung tawar bibit padi,Oleh Arifinsum Kepala Desa dan

Kordinator PPL Pertanian Pangkalan susu Musfa Indra beserta Tokoh agama.Tepung tawar bibit padi untuk nanti dilakukan penyemaiyan sebelum dilakukan penanaman padi di sawah.

Kepala Desa pulau sembilan Arifinsum dalam sambutan nya mengatakan bahwah tepung tawar kenduri sawah ini, merupakan sudah menjadi tradisi turun temurun setiap tahun kami laksanakan, sebelum turun kesawah terlebih dulu mengadakan syukuran."Ungkapnya.

Lanjut Kades Arifinsum mengungkapkan lahan persawahan di desa pulau sembilan luasnya 90 hektar, terdiri sebanyak 10 kelompok tani yang di ketua Gapoktan Makmur.Adapun terlaksananya Kegiatan Kenduri Sawah berkat bekerja sama antara gapoktan dan kelompok Tani di desa pulau sembilan kecamatan pangkalan susu,

Kepala desa berharap kepada kelompok tani terus terjalin kerjasama yang baik dan untuk selalu berkordinasi baik dengan Pemerintahan Desa juga dengan Kordinator PPL Pertanian dan Babinsa 

Koramil 15/ PS Kodim 0203 Langkat yang bertugas di Desa Pulau sembilan.mari sama sama kita doakan semoga Padi yang akan disemei dan ditanam mendapat hasil panen lebih menigkat." Doa Arifinsum kades.

Koptu Adi Syahputra Babinsa Koramil 15/PS Kodim 0203 Langkat juga memberikan arahan kepada Kelompok Tani Desa Pulau sembilan, untuk terus terjalin kerjasama,Kekompakan agar tetap terjaganya situasi yang kondusif beserta selalu menjaga lingkungan yang bersih baik di pemukiman warga maupun di sekitar areal Persawahan dengan melaksanakan kegiatan gotong royong bersama.

Karena dengan kegiatan gotong royong bersama mempererat silaturahmi antara warga, selain lingkungan menjadi bersih juga persawahan bersih, tentunya terhindar dari bermacam gangguan hama pohon padi akan tumbuh subur sehingga menghasilkan panen seperti yang diharapkan." Ucapnya.

Dalam kesempatan ini Musfa indra selaku koordinator PPL dari  Pertanian Kecamatan Pangkalan susu di kesempatan itu memberikan berbagai arahan beserta bimbingan kepada kelompok tani. diantaranya untuk 

Mencegahan hama Sebelum bibit padi di semai,kepada para petani untuk membersihkan lahannya, lalu menyemprotkan lahan tanah nya terlebih dahulu. Begitupula cara pemakaian pupuk tidak berlebihan membuat jat asam di lahan tanah tinggi sehingga menghambat pertumbuhan pohon padi yang telah disemai." Papar nya.


Di hari yang sama salah satu Perangkat Desa Syapii saat di kompirmasi kru media Indonesia Berkibar News,Minggu(02/06/2024) mengatakan dilakukan kenduri sawah ini selain meminta kepada allah Subhanahu Wa ta'ala agar panen padi kedepan berlimpah dan di jauhkan dari hama padi, ungkapnya. (ERI)