Komitmen Pemerintah Batu Bara: Upaya Perlindungan Kesehatan Wanita Usia Subur

1 Juni 2024


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -
Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul, S.E, M.M, mengimbau seluruh warga Kabupaten Batu Bara untuk mengadopsi pola hidup bersih dan sehat guna mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Imbauan ini disampaikan Nizhamul saat menghadiri acara gebyar Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di Puskesmas Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Sabtu (01/06/2024).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Batu Bara, Norma Deli Siregar, dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara, Ny. Raja Arena Sumela Nizhamul.

IVA Test adalah metode deteksi dini kanker serviks dengan mengoleskan asam asetat pada leher rahim untuk mengetahui kondisi kesehatan rahim. Hasil pemeriksaan ini menentukan apakah diperlukan tindakan medis lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Nizhamul menyoroti peningkatan kasus kanker pada wanita usia subur yang mengkhawatirkan dan berdampak luas pada kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat. “Dua jenis kanker yang sering menyerang wanita usia subur adalah kanker payudara dan kanker serviks,” ujarnya.

Nizhamul menekankan pentingnya deteksi dini dan teratur dalam pengendalian kanker. “Kanker bisa dikendalikan dan diobati jika dideteksi dini, dengan sekitar 90% peluang kesembuhan lebih tinggi dan biaya pengobatan lebih rendah,” lanjutnya.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara berkomitmen melindungi masyarakat, khususnya wanita usia subur. Setiap tahun, pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks dilakukan melalui Sadanis dan IVA Test bagi wanita usia 30-50 tahun atau yang sudah aktif secara seksual di bawah usia 30 tahun.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Cabang Bank Sumut Lima Puluh juga menyerahkan paket sembako senilai Rp. 50.000.000 kepada TP PKK Batu Bara, yang kemudian secara simbolis diberikan oleh Pj. Nizhamul kepada masyarakat.

Setelah itu, Pj. Nizhamul menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan masyarakat yang sedang berobat di Puskesmas.(j marbun)