Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024: Batu Bara Tandatangani MoU dan Serahkan SK CPNS

1 Juni 2024

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -  Pemkab Batu Bara Peringati Hari Lahir Pancasila 2024 dengan Upacara Khidmat. Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 2024, Pemerintah Kabupaten Batu Bara menggelar upacara di Lapangan Bola Kaki Blok 8, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, pada Sabtu (01/06/2024). Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul, S.E., M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dihadiri oleh Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar, para Kepala OPD, TNI/Polri, dan ASN.

Tema peringatan tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema tersebut menekankan bahwa Pancasila menyatukan berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Dalam amanatnya, yang dibacakan oleh Pj. Bupati Nizhamul, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia menyampaikan bahwa hari ini kita memperingati momen bersejarah ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila dalam pidatonya pada sidang BPUPK tahun 1945.

“Keberadaan Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur dalam Pancasila menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” ujar Pj. Nizhamul.

Pada kesempatan bersejarah ini, Nizhamul mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin semua tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik,” lanjutnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara BNN dengan TP. PKK, serta penyerahan SK Ikatan Dinas STTD kepada lima orang dan penyerahan SK CPNS menjadi PNS Formasi Umum Tahun 2021 kepada 50 orang.(j marbun)