Tingkatkan Ekonomi Warga, Bupati Tapsel Tabur Ribuan Benih Ikan di Angkola Selatan

5 Juni 2024


Tapsel | Indonesia Berkibar News - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu menabur ribuan benih ikan di dua titik lubuk larangan kelompok masyarakat pengawas Al Ikhlas Desa Pintu Padang dan Silaturahmi, Kelurahan Napa, Kecamatan Angkola Selatan di wilayahnya, Rabu(05/06/2024)

Kepala Dinas Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution mengatakan jumlah ikan yang ditabur di dua titik lubuk larangan itu  sebanyak 13 ribu ekor. Atau sebanyak 6.500 ekor masing-masing lubuk larangan.

"Dari total 6.500 ekor benih masing-masing ikan jurung sebanyak 1.500 ekor, benih ikan tawas 3.000 ekor, benih ikan baung 2.000 ekor sehingga berjumlah 6.500 ekor," jelas Saiful.

Di hadapan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, Bupati Tapsel dalam sambutannya mengatakan, benih ikan yang ditabur dapat bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi warga.

"Program ini cukup positif. Selain upaya mendorong ekonomi masyarakat sekaligus upaya menjaga kelestarian lingkungan agar daerah aliran sungai terjaga," harap Bupati.

Lebih jauh Kadis Perikanan Saiful menambahkan program tabur benih ikan ini upaya untuk ketersediaan ikan dan kelestarian sungai di daerah ini.

Ke depan, kata Saiful, benih-benih ikan yang ditabur kelak akan dipanen pada saatnya. Hasil penjualan dari ikan nantinya akan dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas umum masyarakat, atau menambah kas desa/kelurahan.

Salah satu Tokoh Masyarakat Pintu Padang, Tajul Simanjuntak dan Tokoh Masyarakat Napa Pandapotan Harahap, keduanya senada mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati atas pemberian benih ikan tersebut.

"Terima kasih atas tingginya perhatiannya, kami doakan Pak Bupati Dolly tetap sehat dan sukses melanjutkan pembangunan Tapsel ke depan," ucapnya.(Ahmad)