Tinjau Pelaksanaan Ujian Seleksi Eselon II,Gubernur : Sumut Membutuhkan Orang-Orang Terpilih

25 Juni 2019
Medan | Indonesia Berkibar News - Gebenur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah meninjau pelaksanaan ujian penulisan makalah, peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (25-06-2019).

Gubernur berharap, melalui seleksi terbuka ini, akan terpilih orang-orang terbaik. “Saya ucapkan selamat dan terima kasih bagi kalian yang telah mengikuti proses seleksi dari tahap ke tahap. Ini merupakan usaha kita bersama untuk memberikan yang terbaik untuk Sumut. Mencari yang terbaik dari yang baik. Sumut membutuhkan orang-orang terpilih, cerdas dan yang paling utama memiliki hati untuk berbuat,” ujarnya saat memberikan arahan dan bimbingan usai pelaksanaan ujian.

Terhadap hasil seleksi nantinya, Gubernur meminta agar peserta bisa menerima dengan hati yang lapang. Karena menurutnya, yang terpenting adalah fokus pada usaha-usaha terlebih dahulu. “Perihal hasil, agar Allah yang menentukan,” ucap Edy Rahmayadi.

Sebelumnya, Wagub Musa Rajekshah juga menyampaikan arahan dan bimbingan saat membuka dan memulai pelaksanaan ujian. Dirinya berharap para peserta berusaha secara maksimal dan menampilkan kemampuan terbaik masing-masing. Selain untuk mengisi jabatan, seleksi ini nantinya juga akan bermanfaat sebagai catatan atau track record untuk mengetahui kemampuan dan keahlian para peserta.

“Walaupun nanti tidak terpilih, paling tidak ke depan kita mempunyai bahan masukan manakala ada promosi jabatan yang sifatnya urgen, kita tidak lagi mencari orang-orang yang belum pernah terseleksi. Terima kasih juga kepada para panitia seleksi (Pansel) yang telah bekerja keras, semoga kerja keras ini menghasilkan orang-orang terpilih yang unggul,” katanya.

Terkait peninjaun dan pengawasan pelaksaan ujian, Wagub mengatakan, bahwa ujian telah terlaksana secara kondusif dan berjalan baik. “Semua terlaksana sebagaimana aturan, tidak boleh membawa handphone, kertas tertulis, dan kita siapkan peralatan kamera untuk memantau pelaksanaan ujian terlaksana secara benar dan jujur,” jelas Wagub.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina yang juga Ketua Pansel mengatakan, dari 189 peserta yang mengikuti lelang jabatan, 37 peserta gugur pada tahapan seleksi administrasi. Kemudian, 152 peserta melanjutkan ke tahapan berikutnya yakni ujian penulisan makalah.

“Hari ini, ada 148 peserta yang mengikuti ujian. Satu peserta tidak bisa ikut karena sakit, dan tiga peserta absen. Hari ini ujian makalah, tertulis. Beberapa hari lagi, kami akan umumkan siapa nanti yang bisa masuk tahap berikutnya yaitu asesmen, uji psikologis, dan wawancara,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Aris Yudhariansyah menjadi salah satu peserta yang mengikuti ujian lelang untuk jabatan Direktur RSJ Prof Dr Muhammad Ildrem. Dirinya menilai pelaksanaan ujian terlaksana dengan baik. “Sesuai dengan jadwal, sesuai dengan yang direncanakan, sesuai arahan Bapak Gubernur tadi juga kita cuma bisa berusaha, hasil biar Allah yang menentukan,” ujarnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan ujian tersebut Sekretaris Pansel Ibnu Sri Hutomo dan anggota pansel lainnya DR Edy Irsan SH MH, Prof Subilhar Phd, dan Prof DR Irmawati.(bundo)