GOW Bener Meriah Ikuti Seminar Etika Dalam Berorganisasi

6 Agustus 2019
Bener Meriah |  Indonesia Berkibar News - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se-Kabupaten Bener Meriah mengikuti seminar sehari terkait etika dalam berorganisasi di gedung serbaguna Pusaka Linge, Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Selasa (06-08-2019).

Ketua Panitia Muswila, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan seminar etika dalam berorganisasi yang diselenggarakan pada hari itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus serta anggota organisasi perempuan Kabupaten Bener Meriah.

“Peserta yang mengikuti seminar sehari ini berjumlah 78 orang yang berasal dari 26 organisasi perempuan yang tergabung didalam Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Bener Meriah. Seminar sehari ini memakai 2 orang narasumber yang berasal dari aktivis organisasi wanita,”terang Muswila.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Drs. Suarman, MM saat membuka seminar sehari itu mengatakan, seminar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, sikap dan perilaku kaum perempuan terutama kemampuan dalam mengemukakan pendapat serta berkomunikasi yang baik.

 Semakin meningkatnya tingkat pendidikan perempuan maka semakin terbuka juga kesempatan bagi perempuan untuk dapat mengaktualisasi diri dan turut berpartisipasi dalam berbagai bidang pembangunan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya proporsi perempuan dalam lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif. 

Perubahan ini menggambarkan bahwa sangatlah penting peningkatan kualitas sumber daya perempuan sehingga bisa terwujud kesetaraan dan keadilan gender.

Suarman menambahkan, pentingnya agar perempuan aktif di dalam organisasi dipandang memiliki peran strategis dalam pengembangan wawasan, kemampuan manajemen dan kepemimpinan perempuan dalam berbagai bidang, sehingga dapat berperan secara aktif dalam pembangunan.

 “Untuk itu, kaum perempuan perlu meningkatkan kualitas pengetahuan dan wawasan dalam hal kepemimpinan sehingga dapat menjamin keberlangsungan organisasi. Perempuan juga diharapkan untuk bisa menjadi contoh dalam organisasi,”Ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Asisten Administrasi Umum Setdakab Bener Meriah itu, salah satu kunci sukses dari keberhasilan dalam organisasi adalah dengan menjalin hubungan baik antar anggota organisasi, hal itu dapat dicerminkan dengan bagaimana sesorang berperilaku dalam organisasi tersebut. Pemahaman tentang teknik dan etika berorganisasi sangat perlu untuk diperhatikan, karena itu, setelah mengikuti seminar ini diharapkan peserta dapat memahami bagaimana dalam bersikap dan beretika di lingkungan organisasi masing-masing. 

“Selain dalam organisasi kaum perempuan juga tidak boleh lupa didalam mengelola rumah tangga, ibu-ibu tetap perlu mengawasi perkembangan mental dan fisik anak-anak sehari-hari, apalagi pengaruh internet dan penyalahgunaan narkoba sangat besar, karena itu dibutuhkan keteladanan ibu-ibu semua,”Pinta Suarman sembari menambahkan, agar pelatihan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar serta menghasilkan hal yang positif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup perempuan.

Sebelumnya Wakil Ketua GOW Kabupaten Bener Meriah Hasminarty, SKM dalam sambutan Ketua GOW Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi menyampaikan, seminar yang akan kita lakukan ini akan fokus untuk menginternalisasikan nilai-nilai integritas dan etika ke dalam karakter dan kepribadian, agar peserta mampu membentuk kepribadian dalam kejujuran, khususnya dalam memahami peran dan fungsi kerja dalam kepentingan organisasi. 

Melalui moment ini kami juga menghimbau kepada seluruh organisasi perempuan yang bernaung dibawah GOW di Kabupaten Bener Meriah agar ikut mengambil peran dalam pembangunan daerah, hal itu lantaran organisasi wanita dinilai memiliki peran strategis dalam memberdayakan potensi ekonomi dan keluarga.(hamdani)