Wakil Walikota Akhyar Dan Gubsu Hadiri Pertemuan Dengan Ulama & Peresmian Renovasi Kantor MUI Medan

29 Agustus 2019

Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri pertemuan para ulama, pemerintah, ormas Islam  dan tokoh masyarakat di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan di Jalan Amaliun, Medan, Kamis (29-08-2019).

Pertemuan turut dihadiri Ketua Umum MUI Pusat Prof Dr KH Ma’ruf Amin. Di sela-sela  acara pertemuan tersebut, Wakil Presiden terpilih RI periode 2019-2024 itu juga meresmikan Kantor MUI Medan yang baru selesai direnovasi. Diharapkan gedung baru itu semakin meningkatkan jajaran MUI untuk memberikan pelayanan.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Dr Imam Yazid MA. Setelah itu dilanjutkan dengan pemakaian peci dan baju jas kepada Ma’ruf Amin.Yang didampingi sang istri Wury Estu Handayani oleh Ketua MUI Kota Medan Prof M Hatta.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengatakan, MUI hadir di Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas (khaira ummah) dan negara yang aman, damai, adil dan makmur rohaniah dan jasmaniah yang diridhai Allah SWT (baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur).

Dikatakan Ma’ruf Amin, sebagai wadah dalam memberikan bimbingan umat, MUI juga harus dapat menjadi penghubung antara ulama dan umara (pemerintah) . "MUI harus dapat menjaga dan menjadi pelayan yang baik untuk masyarakat. Selain itu, MUI juga harus menjaga hubungan baik dengan pemerintah," kata Ma’ruf Amin..

Sementara itu Gubsu Edy Rahmayady yang ikut menghadiri acara pertemuan sekaligus peresmian renovasi Kantor MUI Kota Medan menyampaikan, ulama adalah orang yang pertama kali diciptakan Allah SWT. Maka dari itu, umara (pemerintah) yang baik harus mendatangi ulama. Pasalnya para ulama, kiai, dan habaib menjadi kekuatan utama dalam menciptakan keutuhan NKRI.

"Negeri ini berdiri karena bersatunya ulama dan umara dalam menjaga bangsa dan keutuhan NKRI ini. Untuk itu, mari kita menghormati para ulama karena ulama bertugas untuk mengayomi, membina dan membimbing umat Islam baik dari sisi keagamaan atau sosial kemasyarakatan," ujar Edy.

Usai peresmian, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi mengucapkan selamat atas peresmian renovasi gedung MUI Kota Medan. Diharapkannya dengan peresmian tersebut dapat menjadi wadah bagi pengurus untuk melaksanakan semua urusan yang menyangkut kepentingan sekaligus memecahkan segala persoalan-persoalan keagamaan yang ada di masyarakat Kota Medan.

"Saya berharap dengan peresmian ini nantinya mampu memberikan motivasi sekaligus semangat baru para pengurus untuk bekerja dan melayani masyarakat Kota Medan,” ucap Wakil Wali Kota.

Acara pertemuan yang berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan itu turut dihadiri Pangdam 1/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Ketua FKUB Kota Medan  Ilyas Halim, tokoh masyarakat RE Nainggolan, mantan Gubsu  Ir  H T Erry Nuradi MSi, Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami serta para ulama. (bundo)