Tingkatkan PID DPMK Kabupaten Bener Meriah Gelar Rakor TIK Tahun 2019


Bener Meriah | Indonesia Berkibar News   - Untuk meningkatkan Komponen Utama Program Inovasi Desa (PID) Pemerintah Daaerah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan kampong (DPMK) menggelar Rapat koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten ( TIK) Tahun 2019 bertempat di Aula Empu Beru Komplek Perkatoran Serule Kayu Redelong, Senin, (09-09-2019).

Rakor TIK  tersebut dibuka langsug oleh Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi,   dalam sambutan sekaligus arahannya Bupati menyampaikan, terkait  Dana Desa,  dengan program yang ada di Kabupaten ini sudah berimbang jumlahnya, besar sekali, jadi apabila tidak kita manfaatkan dengan  baik ini sesuatu yang sangat rugi dan  mubazir, kata Bupati mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Bupati juga mengatakan, sesungguhnya pemerintahan ini mulai dari bawah itu adalah satu komando yang jelas, mulai dari pusat, memberikan anggaran  ke  Provinsi, Kabupaten dan sampai kedesa, itu semuanya selalu bersamaan dengan tugas-tugas pokok, dan anggaran Kabupaten itu Wajib Hukumnya 20% dianggarkan atau di berikan kepada duni  Pendidikan, Wajib Hukumnya 10% anggaran Daerah itu untuk Kesehatan, ungkap Bupati.

“Ini adalah program-program yang sifatnya wajib, ada keseragaman sekabupaten seluruh Indonesia dan ada beberapa Bank yang oleh pemerintah pusat yang dinilai strategis yang diteruskan oleh pemerintah dibawahnya”, ucap Bupati.

“Masih banyak-saudara-saudara kita yang masih mempunyai tempat tinggal yang tidak layak, rumah yang tidak layak huni, ini kalaa  kita perbaiki satu persatu akan membutuhkan waktu yang lama, maka salah satu jalan terbaiknya adalah setia desa itu mempunyai program misalnya 5 rumah/desa, ini salah satu cara untuk mengatasi hal itu”, pinta Tgk. H. Sarkawi.

Bupati mencontohak, didesa-desa tertentu, diberikan modal usaha seperti dibidang peternakan, jadi tidak lagi focus kepada Infrastruktur tapi mulai kita arahkan kebidang pengembangan ekonomi yang berbasis kerakyatan, jadi dengan adanya Rakor-rakor seperti ini, akan mempercepat kamajuan Desa yang bermuara kepada kesejahteran masyarakat  yang ada di desa itu sendiri, tutup Bupati.

Sementara Ketua Pelaksana Rakor tersebut Iwan Pasha, S.STP, M.Si yang  juga merupakan Sekretaris DPMK Bener Meriah Melaporkan, terkait tujuan dan sasaran di lakukannya rakor TIK ini adalah melakukan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan program dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam lingkup PID, menyusun secara tekhnis agar semua program bisa terlaksana tepat waktu, dan melakukan eavaluasi terhadap system Informasi Desa dan beberapa hal-hal penting  lainya.

Rakor TIK terakait PID dilaksanakan selama dua hari (9s/d10/9) dengan peserta sebanyak 101 orang yang terdiri dari berbagai unsur

Acara tersebut diikuti oleh Asisten I Drs Mukhlis, yang mewakili Kadis DPMG Aceh. kadis DPMK Bener Meriah, Drh. Sofyan, Ketua Darma wanita Persatuan Ny. Hasminarti Khairun Aksa.(maulida/hamdani)