Wabub Sergai Darma Wijaya Buka BID Cluster IV

24 September 2019
Dolok Masihul | Indonesia Berkibar News - Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster IV Tahun 2019
Cluster IV meliputi Kec. Dolok Masihul, Bintang Bayu, Serbajadi, Kotarih dan Kec. Silinda, Selasa (24-09-2019) di gedung Serba Guna PT. KHI-Kebun Hevea Kecamatan Dolok Masihul.

Sambutan Wabup Sergai H Darma Wijaya mengatakan Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang. Kegiatan BID diselenggarakan di tingkat kecamatan atau Cluster beberapa kecamatan sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa. Dengan demikian BID merupakan bagian tak terpisahakan dari model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

BID juga merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintahan desa untuk memperoleh informasi atau referensi yang dapat mendukung pembangunan desa. “ ini juga merupakan ajang pertukaran “jual-beli” cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan desa, pembaharuan BID bukan juga kegiatan pameran barang, berbagi ide-ide kreatif dalam pembangunan desa.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa.

"Pengembangan desa menjadi salah satu indikator RPJMD Kabupaten Sergai 2016-2021, oleh karenanya keberadaan Program Inovasi Desa (PID) hendaknya dapat dimanfaatkan dalam pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM serta insfrastruktur desa," paparnya.

Sambutan Panitia Pelaksanan Kegiatan Agus Sunarwan menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri sebanyak 300 orang yang terdiri para Kepala Desa, Ketua BPD, tokoh perwakilan masyarakat maupun kaum perempuanTim Inovasi Desa Kabupaten, Penyelenggara Bursa Inovasi Desa Cluster IV di lima kecamatan.

Sedangkan tujuan BID yang dilaksanakan hari ini diantaranya sebagai pengutamaan kegiatan inovasi yang dapat mendorong efektivitas penggunaan atau investasi dana desa menuju peningkatan produktivitas desa secara sistematis. Kemudian meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan dan pengelolaan program oleh pelaku pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, ungkapnya.

Yang menghadiri Wabup Sergai H Darma Wijaya,Manager PT. KHI-Kebuh Hevea  H. Hotman Saragih,Camat Dolok Masihul, Serbajadi, Kotari dan Silinda beserta para Kades.(fit)