Perkembangan Teknologi Diharapkan Mampu Majukan Industri Pariwisata Kota Medan

30 Oktober 2019
Medan | Indonesia Berkibar News - Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini telah mengubah secara keseluruhan industri pariwisata melalui media digital. Dalam beberapa tahun terakhir, media digital telah berkontribusi dalam mempromosikan tujuan atau objek wisata. Artinya di era kemajuan teknologi, ada perubahan perilaku para turis di mana mereka menginginkan lebih banyak informasi mengenai objek wisata.

Hal ini  disampaikan Plt Wali Kota Medan  diwakili Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suryono  saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Pariwisata Kota Medan di Hotel Garuda Plaza, Rabu (30-10-2019).

FGD yang mengusung Tema Pengaruh Pertumbuhan Industri Pariwisata di Era Digital terhadap Perkembangan Pariwisata Kota Medan bertujuan untuk memajukan industri parwisata kepada wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Media mempunyai peranan krusial dalam pertumbuhan dan kemajuan pariwisata, salah satunya dengan menyampaikan informasi secara mendalam tentang objek-objek wisata yang dibutuhkan oleh turis domestik maupun mancanegara. Di era kemajuan teknologi, ada perubahan perilaku para turis di mana mereka menginginkan lebih banyak informasi mengenai objek wisata,” ungkap Kadis Pariwisata.

Dihadapan seluruh peserta dilingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Medan serta Pengusaha dan Organisasi Pariwisata, Agus menjelaskan, hal ini salah satunya disebabkan karena Country Branding Indonesia, yaitu Wonderful Indonesia naik pesat di mata dunia. Ia juga mengatakan, pengakuan ini akan membuat kepercayaan diri para pelaku pariwisata di tanah air akan makin meningkat, serta akan mampu membuat wisatawan semakin yakin untuk mengunjungi Indonesia.

"Pengakuan ini akan makin membuat generasi milenial semakin penasaran akan keindahan pariwisata Indonesia. Generasi milenial inilah yang harus kita garap lebih serius, karena penggunaan teknologi digital oleh para generasi milenial yang sangat masif, membuatbpotensi mereka kian menarik untuk digali," jelas Agus.

Seperti yang diketahui, tambah Agus, bahwa Presiden Joko Widodo secara resmi telah memperkenalkan jajaran kabinetnya yang akan bekerja untuk periode 5 tahun ke depan. Salah satu yang dilantik adalah seorang yang dikenal sangat kreatif dan masih berusia muda bernama Wishnutama.

"Beliau menjadi nahkoda yang akan membawa pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu bidang yang akan bisa diberdayakan untuk membangun Indonesia. Kita semua tentu berharap kegiatan pariwisata di bawah Bapak Wishnutama akan semakin bergairah dan mampu menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara kita diluar bidang Migas," tambahnya.

Kemudian, FGD dilanjutkan dengan pemaparan dari Narasumber diantaranya, Kadis Pariwisata Kota Medan, Polrestabes Medan, Ketua DPD Asita Sumut Solahuddin Nasution, Wakil Ketua Umum BPP PHRI Maulana Yusran.(bundo)