Pemkab Sergai Sosialisasi Pelatihan Kalangan/ Kantor Sendiri

12 November 2019

Karo | Indonesia Berkibar News - Sergai Gelar Sosialisasi Pelatihan Kalangan/Kantor Sendiri di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Sergai untuk Tingkatkan Pemahaman Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan  (PKPT), Selasa(12-11-2019) di Hotel Sibayak Berastagi Kabupaten Karo.

Wabup H Darma Wijaya dengan berjalannya reformasi birokrasi, telah terjadi perubahan paradigma pengawasan terhadap pemerintah daerah dimana Inspektorat selaku APIP yang sebelumnya hanya berperan sebagai Watchdog (penjaga/pengawas), saat ini dituntut untuk dapat berperan sebagai Quality Assurance (penjamin kualitas) serta Consulting (Konsultan) bagi organisasi.

"APIP dalam hal pelaksanaan pengawasan juga harus dapat memetakan resiko-resiko apa yang perlu mendapatkan perhatian dimana hal tersebut menjadi titik kritis dalam pencapaian visi dan misi daerah.Hanya Inspektorat satu-satunya dari organisasi perangkat daerah yang secara rutin setiap tahunnya melakukan upaya pengembangan kompetensi SDM melalui “ Semoga pertemuan hari ini, semakin memperkuat kerjasama dan semangat kita dalam meningkatkan kegiatan pelatihan kantor sendiri. pengawasan internal pemerintah daerah, khusus. nya dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP dan kapasitas auditor di Pemkab Sergai," tegasnya.

Berbagai pencapaian telah berhasil kita raih pada tahun 2019 ini, akan tetapi kami mengingatkan agar semua pihak tidak cepat berpuas diri, melain kan semakin arif dalam melakukan intropeksi terhadap berbagai kelemahan yang ada untuk perbaikan ditahun-tahun mendatang.Berharap terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap pengawasan berbasis kinerja menjadi semakin baik sehingga diperoleh langkah-langkah yang kongkrit dalam upaya meningkatkan system pengendalian intern yang efektif dan efisien. Keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan guna tercapai tujuan organisasi.

Laporan Inspektur Sergai H Gustian, SE, MM, Ak,CA mengutarakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar kedepannya Inspektorat Sergai dapat melaksanakan audit kinerja dan penyusunan PKPT berbasis resiko sehingga terwujud program kegiatan yang efektif  dan efisien. Sedangkan kegiatan ini digelar pada hari Selasa-Jumat tanggal 12-15 November 2019. 

Turut serta dalam acara Kabid APD BPKP Perwakilan Sumut, Darmawan, serta peserta yang berasal dari Inspektorat Sergai.(fit)