Bupati Buka Pelaksanaan MTQ & Festival Nasyid Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Barat

28 Januari 2020
Kisaran | Indonesia Berkibar News - Atas nama Pemkab Asahan Bupati H. Surya, BSc menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan MTQ dan Festival Nasyid tingkat Kecamatan Kota Kisaran Barat, semoga dapat menanamkan kesadaran untuk berprilaku sesuai nilai - nilai Al Qur'an sekaligus menjaga dan menjamin kemurniannya.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan mengawali sambutannya ketika menghadiri pembukaan MTQ dan Festival Nasyid ke - 51 tingkat Kecamatan Kota Kisaran Barat Tahun 2020 yang dipusatkan di jalan Kartini Kelurahan Sendang Sari, Kec. Kota Kisaran Kisaran Barat, Selasa (28-01-2020).

Dikatakannya, Al Qur'an yang merupakan kitab suci umat Islam ini memiliki keagungan karena di dalamnya terdapat cukup banyak nilai - nilai keimanan. Oleh karena itu sudah selayaknya kita selaku umat Islam berkewajiban untuk mempelajari dan memahami secara mendalam isi dan makna yang terkandung didalam Al Quran guna diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan sehari - hari.

Kemudian terkait dengan kegiatan Festival Nasyid, Bupati menyatakan bahwa kegiatan tersebut memiliki peran ganda yaitu sebagi wadah berkesenian dan media pencerahan. Karena nasyid sebagai media kesenian mampu memenuhi sekaligus memacu kreatifitas masyarakat dan menjadi wadah menuangkan inovasi religi yang dapat dinikmati masyarakat. Dan syair - syair yang dilantunkan dalam festival seni nasyid tersebut berfungsi sebagai sarana dakwa yang mengajak masyarakat untuk melaksanakan ajaran agama sekaligus berpartisipasi dalam mensukseskan pembangunan masyarakat di Asahan.

Untuk itu, kepada seluruh kafilah dari masing - masing Kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Barat ini diharapkan dapat mengikuti semua tahapan dalam pelaksanaan kegiatan MTQ dan Festival Nasyid dengan sebaik - baiknya. Dan kepada para kafilah yang nantinya menjadi pemenang janganlah berbangga diri karena harus berjuang lagi di tingkat Kabupaten atau mungkin sampai tingkat provinsi dan nasional, ujar H. Surya Bsc sembari mengingatkan kepada masyarakat Asahan khususnya masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Barat agar jangan golput dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 mendatang.

Sementara Camat Kota Kisaran Barat Agus Jaka Putra Ginting SH, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Asahan dan rombongan pada pembukaan pelaksanaan MTQ ke - 51 dan Festival Nasyid Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Barat.

Menurut Camat pelaksanaan MTQ dan Festival Seni Nasyid tingkat Kecamatan Kota Kisaran Barat Tahun 2020 ini telah melalui pelaksaan MTQ dan Festival Seni Nasyid tingkat Kelurahan. Dimana setiap pemenang pada MTQ dan Festival Nasyid tingkat Kelurahan ditandingkan kembali di tingkat Kecamatan dan selanjutnya dipertandingkan lagi di tingkat Kabupaten Asahan.

Sebelumnya Ketua Imtaq Kec. Kota Kisaran Barat Effendi Siagian dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan MTQ dan Festival Seni Nasyid tingkat Kec. Kota Kisaran Barat Tahun 2020 ini berasal dari 13 Kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Barat dengan jumlah peserta sebanyak 187 orang.

Terdiri  golongan Tartil Putra Putri 26 peserta, Tilawah anak - anak 26 peserta, Tilawah Remaja 26 peserta, Tilawah Dewasa 17 peserta, Hafiz 1 Zus 17 peserta, 5 Zus 8 peserta, 10 Zus Putra 3 peserta, 20 Zus Putri 1 peserta, Khotil Qur'an bagian Naskah 11 peserta, Khotil Qur'an bagian Hiasan Mushaf 9 peserta, Khotil Qur'an bagian Dekorasi 8 peserta, Syahril 8 group Putra Putri, Fahmil 9 group dan Nasyid 18 group.(yd)