Jelang Lebaran,Positif Covid Masih Terus Meningkat Di Sumut

20 Mei 2020

Medan | Indonesia Berkibar News - Bulan Ramadan segera berakhir dan Hari Raya Idulfitri 1441 H akan tiba. Meski bersuka cita menyambut hari nan suci tersebut, masyarakat diminta tetap memberikan perhatian pada protokol kesehatan Covid-19. Apalagi peningkatan kasus positif masih terus terjadi, hingga Rabu (20-05-2020), ada 15 pasien positif yang bertambah.

Informasi ini diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Whiko Irwan dalam konferensi video GTPP Provinsi Sumut secara live dari Media Center GTPP, di Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

"Hari ini per tanggal 20 Mei 2020 pukul 16.00 WIB terjadi peningkatan pasien positif hingga 15 orang. Total positif di Sumut menjadi 250 orang, PDP 195 orang, sembuh 74 orang dan meninggal 30 orang," papar Whiko.

Ucapan apresiasi disampaikan kepada masyarakat yang hingga saat ini senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Namun bagi yang belum, diminta untuk menunjukkan sikap kooperatif. Karena selain membahayakan diri sendiri, tidak patuh pada protokol kesehatan juga akan menjadikan orang lain terkena imbas.

"Untuk itu, tak henti-hentinya kami imbau, apalagi saat Lebaran nanti, jaga diri dengan mengikuti protokol kesehatan. Apalagi WHO sudah menyebut bahwa tak ada yang tahu sampai kapan virus ini berakhir, seperti istilah dari Pemerintah Pusat sudah saatnya kita berdamai dengan Covid-19," ujar Whiko.

Namun berdamai dengan virus, kata Whiko, bukan berarti menyerah. Namun melakukan penyesuaian-penyesuaian gaya hidup yang dapat meminimalisir diri terpapar dari Covid-19.

Beikutnya, diinformasikan pula bahwa saat ini Pemprov Sumut telah mulai melakukan pendistribusian jaring pengaman sosial (JPS). Beberapa di antaranya yang sudah menerima yakni Deliserdang, Batubara, Serdangbedagai, Karo, Pakpak Bharat, Langkat, Tebingtinggi dan sejumlah daerah lainnya.(bundo)