Akhyar Minta Masukan Unimed Bangun Kultur Baru Melalui Social Engineering Atasi Covid-19 & Songsong New Normal

17 Juni 2020
Medan | Indonesia Berkibar News - Setelah Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas HKBP Nomensen (UHN), Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali mendatangi unsur penguruan tinggi. Rabu (17-06-2020), Akhyar menyambangi Universitas Negeri Medan (Unimed) di Jalan William Iskandar. Kedatangannya untuk minta masukan terkait upaya-upaya apa yang harus dilakukan guna mengatasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sekaligus persiapan menyongsong fase new normal.

Kepada Rektor Unimed Prof Dr Syamsul Gultom SKM MKes, Akhyar menjelaskan, jumlah warga Kota Medan yang positif terinfeksi Covid-19 di Kota Medan terus meningkat. Berdasarkan data yang dikeluarkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan, Selasa (16-06-2020), warga positif Covid-19 sebanyak 643 orang. Dikatakannya, pertambahan yang terjadi tidak terlepas dari kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah dikeluarkan pemerintah.

"Salah satu upaya mengatasinya dengan membangun kultur baru di tengah-tengah masyarakat melalui social engineering. Tentunya Pemko Medan tidak dapat sendiri untuk melakukannya. Untuk itu melalui pertemuan ini, kami sangat mengharapkan sekali saran, masukan dan dukungan penuh dari seluruh civitas akademika Unimed," kata Akhyar yang datang didampingi Plt Kadis Pendidikan Kota Medan Muslim Harahap, Kepala BPBD Arjuna Sembiring serta Camat Medan Tembung Ahmad Barli Nasution.

Akhyar selanjutnya mengungkapkan, peningkatan jumlah warga positif terinfeksi Covid-19 menyebabkan seluruh rumah sakit di Kota Medan full (penuh). Oleh karenanya diperlukan solusi alternatif mengatasinya sehingga warga yang positif Covid-19 dapat dirawat dengan baik  hingga penyembuhan. Di samping itu tambahnya lagi, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 hingga kini menyebabkan kehidupan ekonomi masyarakat sangat menurun.

"Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat kesulitan untuk membayar pajak. Karenanya, kita harus segera mengatasi pandemi Covid-19 ini. Jadi kami sangat mengharapkan sekali masukan dari Unimed, sehingga Pemko Medan dapat melakukan langkah-langkah serta kebijakan yang akan dilakukan mengatasinya," ungkapnya.

Rektor Unimed Prof Dr Syamsul Gultom SKM MKes mengucapkan terima kasih atas kunjungan Plt Wali Kota.Syamsul Gultom menilai, ikhtiar Plt Wali Kota mendatangi sejumlah perguruan tinggi, termasuk Unimed untuk minta masukan guna mengatasi Covid-19 sekaligus langkah-langkah persiapan untuk menghadapi fase new normal sangat baik. "Semoga saja masukan yang diberikan nantinya dapat memberikan manfaat dan Unimed siap mendukungnya," kata Syawal Gultom.

"Dengan pemahaman yang diberikan akan timbul kesadaran dalam diri masyarakat sehingga mematuhi protokol kesehatan agar tidak tertular virus Corona," jelas Syawal.(bundo)