Bupati Sergai Ir Soekirman Kunker Dan Monitoring Bantuan Sosial

12 Juni 2020
Sergai | Indonesia Berkibar News -  Bupati Sergai Gelar Kunjungan Kerja (Kunker) dan Monitoring Bantuan Sosial ke Dolok Merawan dan Sipispis bertempat Di Balai Karyawan Kebun Gunung Para Kecamatan Dolok Merawan, Jumat(12-06-2020).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam Sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sergai yang sudah mendukung proses penyaluran bantuan yang tepat sasaran dan juga tepat waktu.

Bupati Menambahkan Kinerja bersama dalam sinergitas juga diakui dan mendapat apresiasi dari Gubernur Sumatera Utara yang menyebut Kabupaten Sergai dapat menjadi role model atau contoh bagi daerah lain dalam proses distribusi bantuan yang baik dan minim gejolak.

Menyebut jika kedatangan hari ini didampingi perwakilan Forkopimda bukan hanya menyasar aspek kumulatif namun juga sisi kualitatif sehingga kunjungan ini juga melibatkan pihak eksekutif, legislatif dan yudikatif. Tujuannya agar masyarakat dapat memahami mekanisme bantuan baik dari segi distribusi, hukum, pengelolaan keuangan serta penanggulangan Covid-19 itu sendiri. Selain itu hari ini juga mengikutsertakan para Kepala OPD yang terkait guna memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan dengan bantuan serta penanganannya, Jelas Soekirman.

Terkait masalah validasi, hal tersebut dapat ditanggulangi dengan lebih aktifnya pihak terkait di desa dalam melakukan pemutakhiran data. Permasalahan ini harus dapat ditanggulangi bersama agar distribusi bantuan semaksimal mungkin dapat mencakup seluruh masyarakat terdampak.

Selain itu mengingatkan Pemilihan Kepala Daerah berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan Pilkada Bupati yang rencananya akan dilaksanakan tahun ini. Biarkan tahun politik berjalan dengan sendirinya, kita hanya menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan bersama. Netralitas Aparatur Negara juga mesti dijaga sesuai dengan UU No. 10 tahun 2016 yang sudah menjadi Perpu di mana TNI dan ASN termasuk Kepala Desa harus netral sekaligus dapat menjadi pendingin suasana. Jaga persatuan dan mari bersama kita hindari perpecahan di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Dalam kegiatan ini, Camat Dolok Merawan Muhammad Fahmi, S.STP, M.AP, Camat Sipispis Rico Ebtian S.STP, M.Si, menjelaskan kondisi bantuan baik dari Kemnsos, Provinsi, BLT Dana Desa dan bantuan sosial lain yang sudah disalurkan kepada kelompok masyarakat yang terdampak.(fit)