Pemkab Deliserdang Gelar Rapat Anggota Tahunan KPRI Tahun Buku 2019

15 Juli 2020

Lubuk Pakam | Indonesia Berkibar News-Kabupaten Deli Serdang, laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi untuk tahun buku 2019, Rabu (15-07-2020) Bertempat di ruang Aula Hotel Wing Kecamatan Batang Kuis.

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan laporan pertanggungjawaban pengurus kemudian pembacaan laporan pertanggungjawaban pengawas dan dilanjutkan dengan tanya jawab, saran, maupun kritik hingga akhirnya pengesahan laporan pertanggung jawaban pengurus koperasi tahun buku 2019

Turut hadir pada acara tersebut Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Jentralim Purba SH,MH, Kadis Koperasi Kabupaten Deliserdang Drs Ridwan Said Siregar, Pengurus PKPRI Kabupaten Deli Serdang Syawal Harahap, Ketua I Drs H Rahmad M.AP, Ketua  II Putra Jaya Manalu, SE, Sekretaris  I Halim Ritonga, SE, Pengawas KPRI Kabupaten Deli Serdang H. Agus Mulyono SH.Msi, beserta seluruh peserta RAT KPRI Pemkab Deli Serdang dan undangan  yang hadir.

Pada kata Sambutannya mewakili Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Jentralim Purba SH,MH, menyampaikan "rapat anggota tahunan koperasi pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) Deli serdang tahun buku 2019 yang kita Laksanakan hari ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunya, yang bertujuan untuk meninjau kebelakang dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program di tahun yang lalu dan melihat kedepan untuk menyusun program kerja baru, guna meningkatkan kinerja dan daya saing bagi perkembangan dunia perkoperasian kita yang ada di daerah ini”.

“Kita patut bersyukur, KPRI Kabupaten Deliserdang sampai saat ini masih tetap maju dan eksis.

Kesemuanya ini tentu tidak terlepas dari dukungan pengurus dan peran aktif seluruh anggota yang tergabung dalam KPRI Kabupaten Deli serdang, seraya berharap, hal ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, dengan bekerja keras dan professional serta secara bersama-sama mencari solusi yang terbaik, agar koprasi kita semakin maju dan berkembang ditahun yang akan datang,"ucap Jentralim Purba.

Hal senada juga di sampaikan ketua KPRI Pemkab Deli Serdang Drs H Rahmad M.AP mengatakan "RAT tahun buku 2019 Kemajuan Koperasi ini bukan seluruhnya ada ditangan Pengurus, tapi anggota juga, peran dari anggota sangat diharapkan, karena Koperasi ini berasal dari anggota untuk kesejahteraan anggota, Koperasi kita ini telah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian yang tujuannya agar anggota paham berkoperasi dan mengetahui hak dan kewajibannya. Diklat yang kita laksanakan sudah sampai pada Angkatan ke IX (sembilan) dan kita harapkan bagi yang telah mengikuti diklat dapat memberikan saran dan masukan untuk kemajuan Koperasi kita ini kedepannya.

Sampai saat ini orientasi KPRI Pemkab. Deli Serdang yang terbesar adalah bergerak dari usaha simpan pinjam, kebijakan Pengurus saat ini pembenahan administrasi, khususnya administrasi keuangan, terutama pada RAT Tahun Buku 2019 ini. Dilihat dari perkembangan KPRI Pemkab. Deli Serdang dapat kami sampaikan secara ekonomi dapat dikatakan berkembang baik.

Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan aset Tahun Buku 2019 sebesar Rp 36.892.686.928, - (tiga puluh enam miliar delapan ratus sembilan puluh dua juta enam ratus delapan puluh enam ribu sembilan ratus dua puluh delapan rupiah), aset Tahun Buku 2018 sebesar Rp. 34.990.477.429, - (tiga puluh empat miliar sembilan ratus Sembilan puluh juta empat ratus tujuh puluh tujuh ribu empat ratus dua puluh sembilan rupiah), yang berarti pertumbuhan koperasi pada RAT Tahun Buku ini sebesar Rp 1.902.209.499, - (Satu miliar Sembilan ratus dua juta dua ratus Sembilan ribu empat ratus Sembilan puluh Sembilan rupiah) yakni 5,43%, atas dasar inilah dapat kami katakana bahwa secara ekonomi KPRI Pemkab Deli Serdang telah tumbuh dan berkembang dengan baik, hal ini dapat dilihat dari sudut perkembangan setiap tahunnya.

"Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada  Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan selaku pembina dan seluruh instansi terkait, terutama Dinas Koperasi dan UKM, dekopinda dan PKPRI Kabupaten Deli Serdang yang telah banyak memberikan masukan ke arah kemajuan koperasi ini, demikian juga kepada seluruh anggota yang  telah mempercayakan kepengurusan koperasi ini kepada kami, dalam kepengurusan ini tentu saja kemungkinan ada kesilapan kata maupun perbuatan atas nama seluruh pengawas dan karyawan kami mohon agar dapat di maafkan".dikatakan Rahmad

Acara diakhiri dengan pemberian  hadiah kepada bendahara terbaik yang menyetor tepat pada waktunya  tahun 2019, yaitu KORPRI ( Ahmad Nur ), Dinas PMD ( Etik Puspita ),  Dinas Kominfo (Juli Ramadhani), Dinas Koprasi, serta acara yang di tunggu - tunggu yaitu  pencabutan undian Lucky Draw,serta  pembagian Hadiah, acara tersebut  tetap mengikuti standar SOP covid-19.(Nurdin)