DJKN Sumut dan KPKNL Medan Siap Bantu Pemko Nilai dan Lelang Barang Milik Daerah

15 Maret 2021

 


Medan | Indonesia Berkibar News -Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., menerima audiensi Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumut dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan, Senin (15/03/2021) di ruang khusus wali kota. Dalam pertemuan itu Kakanwil DJKN Sumut, Tedy Syandriadi, menyatakan pihaknya siap membantu Pemko untuk menilai dan melelang barang milik daerah.

Pada pertemuan yang turut dihadiri antara lain oleh Asisten Adminitrasi Umum Setda, Renward Parapat, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, T. Ahmad Sofyan itu mengemuka, bahwa yang menjadi prioritas saat ini adalah penilaian terhadap barang milik daerah yang dikerjasama dengan pihak lain dan sudah habis masa kerja samanya, yakni Medan Mall dan Hotel Soechi. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui berapa nilai sewa dan selanjutnya dibuka kesempatan penawaran bagi pihak-pihak yang ingin menyewa.

Wali Kota sangat menghargai komitmen Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumut dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Medan ini. Selain kedua aset itu, lanjutnya, banyak lagi barang milik daerah yang perlu penilaian.

Pada pertemuan itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, T. Ahmad Sofyan, menambahkan, untuk saat ini yang mendesak adalah penilaian terhadap aset Medan Mall. Dia menyebutkan, kerja sama Pemko Medan dengan pengelola Medan Mall berakhir pada 12 November 2020. Setelah itu ada masa empat bulan untuk melakukan penilaian sewa untuk dapat disewakan lagi. Tapi karena belum juga ada penilaian, dibuat perpanjangan kerjasama selama empat bulan. 

Kakanwil DJKN Sumut, Tedy Syandriadi, menyampaikan segera menindaklanjuti hal ini. Dia meminta kepada Pemko Medan agar mengirimkan data berkaitan dengan objek berikut data pembanding lainnya.

“Yang kita butuhkan bukan hanya data objek, tetapi juga data pembanding, sehingga penilaian kita pas,” ucapnya.

Di samping itu, lanjutnya, secara teknis mereka membutuhkan SK Tim Penilai. Dan SK ini yang mengeluarkan adalah Pemko Medan. Setelah SK terbit, mereka akan langsung bekerja.                                                                                        

Menanggapi ini, Wali Kota meminta agar Kepala Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah segera  menindaklanjutinya agar penilaian bisa dilakukan dengan baik.                                                                                                          

Pertemuan ini berlangsung dengan santai namun serius. Tampak pihak Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumut dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Medan begitu responsif dan menunjukkan komitmen untuk berkolaborasi dengan Pemko Medan. Pertemuan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan selanjutnya, dengan penuh  kesantunan Wali Kota pun mengantar para tamunya sampai ke luar pintu ruang khusus.(bundo)