Balai Diklat Industri Medan Bekerjasama Dengan PT.Mas Gelar Diklat Three In One Angkatan II Di kecamatan Serba Jadi

27 Mei 2021


Sergai | Indonesia Berkibar News
- Sumber Daya Manusia Industri merupakan salah satu faktor penting dari kegiatan produksi yang harus dibangun dan ditingkatkan kompetensinya secara berkelanjutan dan optimal dalam rangka meningkatkan efisiensi, produktifitas dan daya saing industri, menghadapi kompetisi global. 

Undang-undang no. 3 Tahun 2014 tentang perindustrian, mengamanatkan bahwa Peningkatan kompetensi tenaga kerja industri.Untuk Kementrian Perindustrian serta Balai Diklat Industri Medan Bekerjasama dengan PT.Mas Gelar Diklat Three In One Angkatan II Tahun 2021 Operator Mesin Dan Peralatan Produksi yang di laksanakan di Aula Kantor Desa Karang Tengah Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) . 

Adapun kegiatan Diklat ini dilaksanakan selama 12 hari mulai dari tanggal 25 Mei – 05 Juni 2021 dengan jumlah peserta 50 orang berasal Masyarakat Desa Karang Tengah dan Para Karyawan PT.Mas.

Kepala Desa Karang Tengah Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Sergai Darius Tarigan saat di mintai komentarnya mengenai kegiatan tersebut di ruangan kerjannya pada hari Kamis (27/05/2021 ) mengatakan ’"Kami dari Pemerintah Desa Karang Tengah memberikan apresiasi dan dukungan dengan dilaksanakannya Diklat Three in One Operator Mesin dan Peralatan Produksi pada Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS),ini bisa menanbah wawasan dan menjadi lowongan pekerjaan bagi masyarakat Desa Karang Tengah khususnya, Mengingat kegiatan ini memiliki arti penting untuk masyarakat khususnya tenaga kerja dalam industri minyak kelapa sawit. Oleh karena itu, kami berharap melalui kegiatan ini para tenaga kerja dan masyarakat dapat meningkatkan skill dalam pengoperasian pabrik minyak kelapa sawit dan memiliki mentalitas untuk bersaing dalam dunia usaha’’Terang Kades Karang Tengah kepada Wartawan.

Instruktur Pelatihaan Edi memberikan keterangan kepada wartawan di lokasi acara Diklat ( 27/05/2021 ) mengatakan’’Bahwa arti dari diklat ini mensiapkan para calon tenaga kerja yang andal dan sigap,jam pelajaran Diklat ini dari pukul 8 wib sampai jam 16 wib, pelajaran dari diklat ini kita memperkenalkan mesin mesin pengolahaan Pabrik kelapa sawit yang nantinya para masyarakat yang pra kerja sebelum menjadi pekerja akan andal dan mempunyai skiil tentang mesin produksi pengolahaan kelapa sawit, dan juga nantinya para peserta Diklat akan mendapatkan Sertifikat dari Kementrian Perindustrian,’’Ujar Instruktur Pelatihaan Dikalat kepada wartawan.

Sementara General Manajer PT.Mas M.Syaipul  saat di mintai keterangan tentang sasaran dan tujuan dari Diklat tersebut kepada wartawan di ruangan kerjanya, Kamis ( 27/5/2021 )menerangkan bahwa tujuan dan sasaran Diklat tersebut untuk mendapatkan tenaga kerja yang handal di bidang pengelolahan pabrik kelapa sawit.

’’Para peserta Diklat setelah mendapatkan pelajaran teori akan kita berikan pelajaran prakteknya di PT.Mas ini untuk memberikan pengenalan tentang  alat alat mesin Pabrik Kelapa Sawit,Para peserta diklat kita rekrut dari para Masyarakat yang baru lulus Sekolah, agar nantinya mereka bisa menjadi pekerja yang andal.Bukan di Desa Karang Tengah saja kita adakan,di seluruh Kabupaten kita buat acara Diklat seperti ini,’’papar M.Syaipul.(kumbang )

Theks Fhoto : Instruktur Pelatihaan saat memberikan pelajaran Teori kepada para peserta diklat.(kumbang)