KPw BI Sumut Soekowardojo: Kita Mengakselerasi Pemulihan Ekonomi Event KKSU

17 September 2021



Medan | Indonesia Berkibar News -
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) menggelar event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2021. Kegiatan ini guna mendukung pemulihan ekonomi melalui sinergi berbagai pihak dengan mendorong kemajuan UMKM.

Hal ini disampaikan KPw BI Sumut Soekowardojo digelar secara virtual, Jumat (17/09/2021).

“Kita terus mengakselerasi pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Sumatera Utara dengan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi covid-19, baik pelaku usaha konvensional maupun pelaku usaha syariah,” papar Soekowardojo.

Sumut juga berupaya agar pelaku usaha beradaptasi menuju kehidupan normal baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital, ungkap Soekowardojo.

“Tujuan KKSU 2021 ini adalah untuk meningkatkan edukasi, literasi, awareness, dan sinergi dalam mendukung program pengembangan UMKM. Serta sebagai ajang promosi produk, mendorong digitalisasi UMKM, perluasan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM menuju pemulihan ekonomi secara berkelanjutan,” tegas Soekowardojo.

Soekowardojo berharap penyelenggaraan KKSU 2021 pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara ke arah yang lebih baik.

"Berdasarkan hasil rilis PDRB periode triwulan II tahun 2 pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Sumatera Utara untuk triwulan II tahun 2021 mencatatkan angka positif masing-masing sebesar 7,07% dan 4,95% yoy. Pertumbuhan PDRB yang positif ini sebagai momentum proses recovery ekonomi kedepan, setelah pada empat triwulanan sebelumnya selalu mencatat kontraksi ekonomi," harap Soekowardojo.

Momentum pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara didorong oleh berbagai sumber pertumbuhan ekonomi terutama ekspor, konsumsi, belanja pemerintah dan investasi serta dari berbagai lapangan usaha.

BI Sumut bersama stakeholder terkait terus berupaya mengakselerasi kebangkitan UMKM guna memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital, mendorong transformasi UMKM di bidang digitalisasi baik dari sisi produksi, pemasaran, pembiayaan, maupun pembayaran. Selain itu, pengembangan UMKM juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan interaksi merchant-platform- consumer.

“Kegiatan ini juga mendorong penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) yang mendukung transaksi lebih cepat dan efisien. Seluruh Wirausaha Unggulan binaan KPw BI Sumut menerapkan alternatif metode pembayaran menggunakan QRIS,” harap Soekowardojo.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi nyata untuk mempromosikan produk lokal dalam mengajak masyarakat menggunakan produk anak bangsa. Dengan begitu dapat membantu kemajuan UMKM yang ada di Sumut.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal sehingga ekonomi UMKM dapat bertumbuh dan membantu perekonomian nasional. Produk lokal juga tidak kalah dengan produk luar negeri, keren-keren dan berkualitas,” tuturnya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi BI Sumut yang telah menjadi inisiator dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“KKSU 2021 harus didukung karena dapat membangkitkan sektor ekonomi pelaku ekonomi kreatif di masa yang sulit di tengah pandemi Covid-19. Diharapkan, kegiatan ini memberikan peningkatan kreativitas dalam memajukan produk-produk lokal,” paparnya.

Hadir  Anggota Komisi XI DPR RI, Hidayatullah, Sihar Sitorus, Gus Irawan Pasaribu, Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.(torong)